Pengaruh Video Game Pada Pemulihan Stroke

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Penelitian rehabilitasi stroke mengungkapkan bahwa banyak metode pemulihan baru yang menarik. Ilmu neuroplastisitas mengungkapkan bahwa otak mampu mengubah dan beradaptasi dengan baik saat beranjak dewasa. Neuroplastisitas mungkin memiliki peranan dalam pemulihan stroke. Pasca stroke, otak bisa mempelajari perkembangan fungsi-fungsi baru. Otak menunjukkan kemampuannya dalam menghadapi kerusakan berat ketika teknik seperti rangsangan elektrik atau terapi musik digunakan sebagai pemicu dari proses pemulihan.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan neuroplastisitas, mungkin bisa dimanfaatkan dan diarahkan agar bisa lebih berguna dalam pemulihan stroke.

Video game menawarkan teknik rehabilitasi yang menyenangkan bagi para penderita stroke

Video game tentunya memiliki beberapa karakteristik negatif. Mereka bisa menjadi candu dan beberapa orang cenderung rentan terhadap efek tersebut. Bagi beberapa orang, video game bisa berkontribusi terhadap gangguan fokus, karena terbentuknya kebiasaan cepat puas dalam banyak permainan. Hubungan antara gangguan fokus dan video game seperti ayam dan telur, karena mereka yang menderita gangguan fokus akan tertarik pada aktivitas yang memperoleh kepuasaan singkat. Video game sering bersifat kasar dan sering disalahkan karena berpengaruh terhadap sikap buruk seseorang. Bila video game memiliki pengaruh negatif pada otak, bagaimana mungkin hal ini bisa memberi dampak positif pada otak juga? Penelitian ilmiah terbaru telah membuktikan bahwa video game bisa digunakan dengan cara yang bermanfaat untuk menstimulasi fungsi otak dan pemulihan pasca stroke.

Video game menggunakan kemampuan berpikir tertentu atau kemampuan otot dapat berkontribusi terhadap perbaikan hubungan antara bagian otak yang berbeda untuk membantu pemulihan stroke. Sebuah penelitian diterbitkan pada bulan Maret, 2014 dalam jurnal, Klinik Rehabilitasi, mengevaluasi 36 pasien dewasa yang terkena stroke dalam kurun waktu 3 bulan sebelumnya dan menemukan perkembangan dalam keseimbangan setelah bermain video game selama berdiri.

Cara memanfaatkan video game untuk pemulihan stroke

  • Secara perlahan, tingkatkan tingkat kesulitan. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari video game adalah dengan bermain permainan yang secara perlahan meningkatkan tingkat kesulitan sehingga membantu membangun keterampilan dan kemampuan dari pemain.
  • Hindari game yang membuat kecanduan. Permainan dengan potensi membuat ketagihan biasanya hanya menggunakan keterampilan yang sama lagi dan lagi. Dalam frekuensi sedang, hal tersebut mungkin bisa menjadi pelarian yang menyenangkan, tetapi mereka hanya akan mengembangkan satu keterampilan yang sering tidak terlalu bermanfaat.
  • Berpikir dari sisi yang berbeda. Lebih bermanfaat untuk mempelajari mengatasi sebuah masalah dengan melihat hal-hal dari sisi dan sudut pandang berbeda, daripada, misalnya, selalu melihat hal-hal pada benda datar, atau selalu melihat objek merah. Permainan yang menantang para pemainnya untuk melihat dari berbagai arah, dan mendekati masalah dengan cara berbeda akan cenderung lebih bermanfaat.
  • Kreatif. Permainan yang menuntut beberapa pemikiran kreatif dalam memecahkan masalah lebih membantu daripada permainan sederhana yang berisi beberapa pilihan. Sebuah permainan yang mensyaratkan pemainnya untuk mengombinasikan berbagai hal secara bersamaan bisa menambah tantangan dan mengembangkan keterampilan lebih banyak.
  • Strategi tingkat tinggi. Semakin rumit permainan, dan semakin banyak elemen yang perlu dipikirkan oleh para pemainnya, lebih menantang dan menstimulasi. Namun, sama halnya dalam dunia nyata, bila terlalu banyak tantangan yang sulit dipecahkan, permainan bisa membuat frustrasi dan tidak berguna. Kuncinya adalah naikkan tingkat permainan Anda secara perlahan.

Sumber