Berbagai Penyebab Stroke yang Bisa Terjadi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Stroke adalah cedera pada bagian otak akibat gangguan aliran darah. Apa yang menyebabkan aliran darah ini terganggu?

Penyebab paling umum dari stroke adalah penyumbatan aliran darah dalam pembuluh darah di otak. Arteri yang terletak di leher dan di otak menyuplai darah ke otak agar tetap berfungsi. Darah ini memberikan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan bagi otak untuk menghasilkan energi biokimia yang diperlukan untuk mempertahankan hidup dan melakukan aktivitas secara normal.

Ketika aliran darah dalam pembuluh darah tersumbat, sebuah wilayah pada otak mengalami kekurangan oksigen dan kekurangan nutrisi penting. Kondisi ini disebut iskemia. Konsekuensi langsung dari kekurangan darah menyebabkan wilayah tertentu pada otak mengalami penurunan fungsi. Jika kurangnya aliran darah terjadi sangat singkat, dan kemudian kembali pulih, maka kondisi ini disebut stroke reversibel, juga disebut TIA atau mini stroke (stroke ringan). Jika aliran darah tidak cepat pulih, cedera akan menjadi lebih menyebar, mungkin permanen, sehingga menyebabkan stroke.

Bagaimana aliran darah ikut terganggu?

Pembekuan darah

Gangguan aliran darah dapat terjadi karena gumpalan darah yang disebut trombus atau embolus. Hal ini menyebabkan stroke iskemik.

Trombus

Trombus adalah penyumbatan sebagian atau keseluruhan dari arteri karena gumpalan darah.

Embolus

Embolus adalah darah beku yang awalnya terbentuk di arteri dan kemudian mengental dan mengalir hingga mencapai arteri di otak dan menyebabkan penyumbatan dan kerusakan di otak.

Perdarahan

Penyebab lain dari stroke adalah proses yang menghasilkan gangguan aliran darah karena pendarahan di otak.

Ketika pembuluh darah rusak, kebocoran darah akan menyebabkan iritasi pada jaringan otak serta kurangnya suplai darah. Stroke yang disebabkan oleh perdarahan dari pembuluh darah yang bocor atau rusak merupakan kondisi stroke hemoragik.

Hipoperfusi

Suplai darah yang rendah ke otak adalah penyebab yang kurang umum dari stroke. Ketika volume cairan atau darah pada tubuh sangat rendah, otak tidak dapat menerima darah yang cukup. Walaupun tidak ada gumpalan darah dalam kondisi ini, otak menderita karena area otak yang biasanya menerima darah dari pembuluh darah arteri mungkin tidak menerima suplai darah yang cukup. Stroke akibat pasokan darah rendah biasanya disebut stroke DAS. Daerah-daerah tertentu dari otak lebih rentan terhadap stroke DAS.

Apa penyebab umum dari stroke?

Penyebab stroke pada otak termasuk:

  • Penyakit serebrovaskular
  • Aneurisma. Ini adalah kondisi rusaknya arteri. Aneurisma dapat berupa kondisi bocor atau pecah pada arteri yang menyebabkan pendarahan.
  • AVM/arteriovenous malformation. Kondisi ini adalah sekelompok cacat pembuluh darah yang saling berhubungan, biasanya terjadi pada arteri dan vena. Kondisi AVM dapat berupa pecahnya pembuluh darah atau terbentuknya trombus yang menyebabkan stroke hemoragik atau stroke iskemik.
  • Vasospasm. Kondisi ini adalah ketika arteri tiba-tiba kejang, mengganggu aliran darah dan menyebabkan iskemia bahkan tanpa adanya pembekuan darah.

Penyebab stroke jantung termasuk:

  • Aritmia alias detak jantung yang tidak teratur seperti pada kondisi atrial fibrilasi yang tidak diobati dapat menyebabkan pembentukan gumpalan darah dan menyebabkan embolus mengalir ke otak.
  • Serangan jantung, dapat menyebabkan infark DAS dwn juga dapat menyebabkan embolus mengalir ke otak.
  • Penyakit arteri karotis. Kondisi ini adalah penyakit dan pembekuan dalam pembuluh darah yang terletak di leher yang menyuplai darah ke otak. Embolus pada arteri karotis atau penyumbatan arteri karotid dapat menyebabkan stroke.
  • Hipertensi. Kondisi ini memberikan kontribusi untuk penyakit serebrovaskular, penyakit arteri karotis, dan penyakit jantung. Selain itu, hipertensi yang terjadi secara mendadak dapat menyebabkan vasospasme atau perdarahan dari aneurisma.

Penyebab sistemik dari stroke termasuk:

  • Hipotensi. Dapat terjadi karena kehilangan darah yang berat atau dehidrasi, menyebabkan hipoperfusi otak dan stroke DAS.
  • Obat-obat yang mempengaruhi pembekuan darah, perdarahan atau tekanan darah juga dapat menyebabkan stroke.
  • Obat-obat-obatan terlarang seperti kokain, methamphetamine dan obat stimulan kuat lainnya dapat menyebabkan vasospasme pada setiap arteri dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung, stroke akibat vasospasme arteri serebral atau mengalami pembekuan darah yang dapat mengalir ke otak dan menyebabkan stroke.
  • Gangguan pembekuan darah dapat menyebabkan peningkatan pembentukan gumpalan darah atau peningkatan perdarahan.
  • Infeksi dapat mengubah kerentanan pembekuan darah tubuh atau kerentanan perdarahan yang mengarah ke trombus, embolus atau perdarahan. Pada kasus yang jarang terjadi, organisme yang menular secara fisik dapat memblokir pembuluh darah, menyebabkan iskemia.
  • Peradangan dapat berkontribusi untuk peningkatan pembekuan darah.
  • Embolus udara adalah gelembung udara yang menuju otak dari tempat lain dalam tubuh, menghalangi pembuluh darah, dan menyebabkan stroke.

Sumber