Apakah Pikiran Kosong Merupakan Pertanda Stroke?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

“Nge-blank” dan pikiran kosong seolah-olah terputus dari dunia luar adalah hal yang relatif sering terjadi. Mungkin Anda sendiri pernah melakukannya atau melihat teman serta kerabat tengah melamun dengan tatapan kosong. ‘Pikiran kosong’ bisa menjadi pertanda masalah medis atau peringatan akan masalah kesehatan yang serius, namun sering kali tidak demikian. Berikut adalah beberapa petunjuk penting yang dapat membantu Anda mengetahui apa penyebab terkadang otak Anda seperti “tidak konek.”

Apa yang dimaksud dengan “pikiran kosong”?

Umumnya, ini berarti pikiran Anda tidak terfokus pada apa yang sedang terjadi pada saat ini, melainkan berada di tempat lain. Melamun adalah salah satu bentuk yang paling umum, tapi tidak perlu dikhawatirkan. Namun, ada juga jenis pikiran kosong yang lebih serius yang disebabkan oleh gangguan kesehatan.

Apa yang menyebabkan seseorang memiliki “pikiran kosong”?

Kondisi “nge-blank” ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yaitu:

TIA (Transient Ischemic Attack)

Serangan iskemik transien merupakan stroke singkat yang tidak menyebabkan kerusakan permanen. Kadang, orang yang mengalami TIA sadar akan apa yang terjadi, namun orang tersebut tidak mampu berkomunikasi selama serangan TIA dan tidak dapat mengingat peristiwa tersebut.

Kejang

Kejang-kejang biasanya terkait dengan penurunan serta hilangnya kesadaran. Sementara itu, biasanya kekejangan menyebabkan gerakan tubuh menjadi tidak terkontrol, beberapa tampak seperti momen singkat hilangnya kesadaran tanpa disertai gerakan tubuh yang abnormal.

Hipotensi

Tekanan darah yang sangat rendah dapat menyebabkan aliran darah ke otak menjadi sedikit. Jika Anda mengalami masalah ini, kemungkinan Anda merasa pusing atau sakit kepala ringan, atau kehilangan kesadaran selama beberapa saat.

Hipoglikemia

Gula darah rendah dapat menyebabkan hilangnya kesadaran selama jangka waktu singkat. Kadang, hipoglikemia dapat membuat seseorang pingsan, tetapi dalam beberapa kasus ringan dapat menyebabkan seseorang tampak seperti sedang melamun.

Migrain

Migrain umumnya menimbulkan rasa sakit. Kadang kala, rasa sakitnya begitu parah sehingga dapat membuat si penderita menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Selain itu, migrain juga merupakan tanda bahwa terdapat penyakit lain yang tersembunyi seperti sering melamun, bahkan tanpa disertai rasa sakit.

Transient Global Amnesia

Penyakit ini merupakan peristiwa langka yang dapat berlangsung selama berjam-jam. Jika sedang mengalami Transient Global Amnesia, Anda tidak akan mengingat peristiwa yang terjadi maupun perilaku Anda terhadap orang-orang sekitar. Beberapa orang dengan Transient Global Amnesia mungkin kebingungan dan tidak mampu mengerjakan tugas selama beberapa saat.

Kelelahan

Kelelahan ekstrem dapat membuat seseorang “nge-blank” bahkan di saat tubuhnya sedang terjaga, ketika otak bekerja keras untuk mempertahankan kesadaran.

Saat sedang tidur

Sebuah kondisi yang disebut narkolepsi dapat menyebabkan seseorang tertidur sementara orang tersebut tampak sadar di saat yang bersamaan. Rasa kantuk ekstrem juga dapat mengakibatkan seseorang jatuh karena tertidur saat sedang melakukan aktivitas. Orang tersebut mungkin benar-benar bermimpi saat melakukan tugasnya. Orang-orang di sekitar akan beranggapan ia tengah melamun.

Intoksikasi/obat

Menggunakan narkoba secara bergantian seperti ganja, heroin, kokain, metamfetamin bahkan alkohol dapat menimbulkan efek tak terduga serta menyebabkan si pengguna tidak menyadari lalu melupakan kejadian yang dialaminya.

Distraksi

“Nge-blank” terjadi ketika seseorang secara mental maupun emosional dijejali oleh hal-hal lain yang menguras perhatiannya, contohnya seorang mahasiswa di kelas, saat menonton atau mendengarkan sesuatu yang membosankan, atau saat mengemudi.

Stres

Stres adalah gangguan umum yang menyebabkan seseorang sulit mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya. Namun, stres akut dapat menyebabkan seseorang malah melamun di saat mengerjakan tugas penting.

Bagaimana mengetahui jika kita perlu mendapatkan perhatian medis?

Jika memiliki masalah dengan pikiran kosong, perlu diketahui apakah penderita membutuhkan bantuan medis atau hanya sekadar istirahat. Beberapa tips ini dapat membantu mengungkap apakah nge-blank ini cukup serius atau hanya sekadar senang melamun saja.

Kejadian berulang

Apabila Anda berulang kali sadar sedang nge-blank, perlu untuk diteliti apakah banyak hal yang mengganggu atau memang terjadi secara spontan. Jika alasannya kurang jelas, maka segera temui dokter.

Anda tidak dapat mengingat peristiwa yang terjadi

Jika Anda tidak dapat mengingat peristiwa yang terjadi atau hal-hal yang dilakukan selama pikiran sedang kosong, kemungkinan ada masalah kesehatan lainnya yang bukan hanya soal gangguan kecil.

Perilaku aneh

Apabila Anda menyadari salah menempatkan barang selama terjadinya melamun, atau jika orang lain memberi tahu bahwa perilaku Anda aneh serta melakukan kekerasan yang tidak seperti diri Anda sendiri, segera evaluasi dan periksakan kepada ahli medis.

Hilang kontrol buang air

Jika saat pikiran kosong Anda tidak dapat mengendalikan buang air kecil maupun buang air besar, maka Anda membutuhkan evaluasi medis dari dokter.

Cedera

Jika Anda mengalami cedera dan tidak dapat mengingat bagaimana hal itu terjadi, maka momen ketika Anda melamun bisa lebih berbahaya dan perlu upaya untuk segera menghentikannya.

Apa yang harus saya ingat?

Pikiran kosong biasanya merupakan tanda bahwa Anda lebih tertarik pada sesuatu yang lain dari hal yang sedang dilakukan pada saat tertentu. Namun, kadang-kadang ini adalah peringatan bahwa Anda memiliki masalah kesehatan yang serius.