Apakah “Firasat Stroke” Itu Nyata?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Apakah benar seseorang bisa mendapatkan “firasat” menjelang stroke? Terkadang setelah serangan stroke terjadi, seseorang akan mengingat-ingat peristiwa yang telah lalu, dan berpikir, “Aku sudah ada feeling,” atau “Ternyata ini artinya.”


Stroke memang sering didahului firasat bahwa sesuatu yang tak normal sedang terjadi. Sensasi aneh ini bisa menjadi tanda-tanda peringatan sebelum stroke.

Dari mana firasat stroke berasal?
Ada penjelasan biologis tentang penyebab terjadinya gejala pre-stroke yang tidak biasa. Kadang-kadang, perubahan fisik yang singkat terjadi sebelum stroke. Penyakit Cerebrovascular, yang berkembang secara bertahap sebagai akibat dari penuaan dan beberapa penyakit umum, menyebabkan penyempitan dan kekakuan pembuluh darah ke seluruh otak. Hal ini membuat beberapa arteri lebih rentan terhadap gangguan aliran darah. Sebelum pembuluh darah di otak terblokir lalu menyebabkan stroke, arteri akan tersumbat sementara lalu kemudian memperbaiki sendiri. Gangguan aliran darah singkat ini dapat menghasilkan gejala saraf yang disebut transient ischemic attacks (TIA). Aneurisma otak, yaitu arteri di otak yang memiliki kantung di luar, menjadi rentan terhadap kebocoran dan kemudian bisa pecah. Beberapa stroke diawali dengan kebocoran aneurisma yang terjadi sesekali, bukan peristiwa spontan yang tiba-tiba.

Pada hari atau minggu-minggu menjelang stroke, kondisi ini dapat menimbulkan gejala neurologis yang tidak menentu tergantung pada wilayah yang terkena dampak dari otak.

Pasien mungkin mengalami kesemutan, gangguan pendengaran, penglihatan yang tidak biasa, pusing, mual, sakit kepala, kebingungan, kejanggalan saat bicara, atau cadel.

Stroke dapat melibatkan daerah otak manapun. Dari daerah yang mengontrol penilaian dan perilaku, ke daerah yang mengontrol pergerakan ibu jari kiri. Inilah sebabnya mengapa gejala pre-stroke sangat bervariasi.

Seberapa umum seseorang mengalami firasat menjelang stroke?
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘The Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry’ mengevaluasi sekelompok pasien yang masing-masing telah didiagnosis stroke yang disebabkan oleh terhalangnya arteri anterior inferior cerebellar, yaitu arteri kecil yang memasok darah ke sebagian otak kecil. Dari sebanyak 16 pasien mengikuti penelitian ini, 1/3 nya mengalami sedikit gangguan pendengaran dan telinga berdengung yang berlangsung hanya beberapa menit. Gangguan tersebut terjadi antara satu sampai sepuluh hari sebelum terjadinya stroke.

Temuan penelitian ini sama dengan informasi tentang pasien stroke yang dilaporkan banyak rumah sakit. Gejala neurologis yang berlangsung selama beberapa detik atau menit ini mungkin sedikit mengganggu, lalu kemudian akan terlupakan. Namun, gejala-gejala ini mungkin menandakan stroke ringan atau transient ischemic attacks (TIAs) sebelum stroke.

Apa yang harus saya lakukan mengenai firasat stroke?

Beberapa individu lebih bisa menyesuaikan diri dengan firasat stroke daripada yang lain. Tapi firasat stroke sebenarnya berakar pada perubahan fisik yang nyata, dan karena itu memerlukan perhatian serius. Anda mungkin cenderung mengabaikan gejala-gejala ringan yang terlihat tidak serius ini, namun mendapatkan perhatian medis dapat membantu menggagalkan efek signifikan dari stroke yang akan terjadi.

Janganlah terlambat untuk melakukan pemeriksaan medis terhadap gejala neurologis yang tidak biasa. Dokter akan menyesuaikan penilaian medis Anda berdasarkan faktor risiko stroke atau riwayat kesehatan keluarga Anda. Beberapa tes darah atau tes diagnostik dapat diperlukan sebagai bagian dari evaluasi. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan membuatkan rencana pencegahan risiko stroke baru. Hal ini secara efektif dapat mencegah terjadinya stroke. Selain pengaturan medis, ada banyak perubahan gaya hidup sehat yang mudah Anda lakukan untuk membantu menghindari stroke.

Dalam beberapa kasus, evaluasi medis untuk gejala neurologis dapat membantu diagnosis dan pengobatan salah satu dari banyak gangguan stroke.

Sumber