Mengenal Obat-obatan Antiaritmia Grup V

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Obat-obatan yang mencegah atau mengobati aritmia jantung disebut antiaritmia. Obat-obatan antiaritmia digolongkan berdasarkan penggunaannya dalam 5 kelompok.

Kelompok V meliputi Adenosine, Digoxin, Magnesium Sulfate.

Peran Adenosine, Digoxin, Magnesium Sulfate dalam Penanganan CVD

Adenosine

Adenosine dapat memperlambat atau menghentikan detak jantung yang cepat apabila penyebabnya diakibatkan oleh kelainan jalur elektrik pada jantung. Jika Anda juga memiliki fibrilasi atrial atau atrial flutter, Adenosine hanya dapat memperlambat detak jantung dalam waktu yang singkat.

Pencegahan dan pengawasan terhadap gagal jantung kronis adalah hal yang sangat penting bagi kardiolog. Ada 3 strategi untuk mencegah pasien dari bagian yang merusak. Strategi pertama adalah menghilangkan penyebab gagal jantung kronis jika memungkinkan; strategi kedua dengan mengawasi kejadian yang dapat mengakibatkan gagal jantung kronis, seperti myocardial schaemia dan cedera reperfusi; dan ketiga adalah mencegah atau mengawasi perkembangan gagal jantung kronis.

Adenosine memiliki beberapa aksi cardioprotective dan agen terapeutik untuk gagal jantung kronis. Pertama, adenosine menginduksi sirkulasi kolateral dengan menginduksi faktor pertumbuhan dan memicu prekondisi ischaemic, keduanya menginduksi toleransi ischaemic di awal. Adenosine juga dapat mengurangi pelepasan noradrenaline, produksi endothelin, dan mengawasi aktivasi sistem renin-angiotensin yang dipercaya dapat menyebabkan hipertropi dan pembentukan ulang jantung. Kedua, exogenous adenosine diketahui dapat mengurangi seberapa ischaema dan cedera reperfusi. Ketiga, adenosine dapat menetralkan faktor neurohumoral seperti sistem cytokine, yang terkait pada patofisiologi gagal jantung kronis. Penemuan terbaru menyebutkan bahwa metabolisme adenosine berubah pada pasien dengan gagal jantung kronis dan meningkatkan kadar adenosine dapat mengurangi tingkat seberapa parah gagal jantung kronis. Terdapat banyak mekanisme potensial untuk perlindungan jantung terkait dengan adenosine, dan penggunaan terapi adenosine dapat membantu pasien dengan gagal jantung kronis.

Digoxin

Digoxin digunakan untuk menangani gagal jantung dan kelainan detak jantung (aritmia). Digoxin membantu jantung bekerja lebih baik dan mengendalikan detak jantung. Digoxin juga digunakan untuk mengobati nyeri jantung (angina) dan dapat digunakan setelah serangan jantung.

Seiring banyaknya obat-obatan baru untuk mengendalikan gagal jantung, digoxin tetap memiliki peran penting dalam jangka panjang. Banyaknya percobaan klinis placebo-controlled menunjukkan pengobatan dengan digoxin dapat memperbaiki gejala, kualitas hidup, dan melatih toleransi pada pasien dengan gagal jantung ringan, sedang, atau tahap lanjut. Tidak seperti agen lain dengan properti inotropik yang positif, digoxin tidak meningkatkan mortalitas dan memiliki keuntungan dalam mengurangi kemungkinan rawat inap akibat gagal jantung.

Digoxin juga digunakan untuk mengobati fibrilasi atrial, ritme jantung yang tidak teratur dan mulai dari ruang jantung atas (atria).

Magnesium Sulfat

Beberapa orang menggunakan magnesium untuk penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti nyeri dada, detak jantung yang tidak teratur, tekanan darah tinggi, kadar kolestrol jahat yang tinggi, atau Low-Density Lipoprotein (LDL), kadar kolestrol baik yang rendah atau High-Density Lipoprotein (HDL), penyakit katup jantung dan serangan jantung. Magnesium intravena adalah pengobatan yang efektif untuk ventricular tachycardia dan untuk pasien dengan gagal jantung kongestif, konsentrasi serum magnesium yang rendah diasosiasikan dengan aritmia yang sering dan mortalitas tinggi. Hal ini menunjukkan pemberian magnesium dapat menurunkan frekuensi aritmia ventrikel pada pasien dengan gagal jantung.

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan antiaritmia kelompok V. Beri tahu dokter jika Anda sedang atau berencana hamil atau sedang menyusui. Juga beritahu dokter pengobatan apa saja yang Anda gunakan, termasuk suplemen natural dan herbal. Beritahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap pengobatan antiarrhythmic kelompok V.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber