Memiliki Cucu Dengan Kelainan Jantung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Cucu Anda telah terdiagnosis dengan kondisi jantung dan Anda ingin mencari tahu lebih jauh lagi. Satu dari 133 anak terlahir dengan semacam kelainan jantung. Banyak kondisi seperti ini tidak memerlukan pengobatan atau dapat diperbaiki sehingga jantung bekerja dengan layak. Beberapa membutuhkan operasi segera setelah lahir atau pada beberapa bulan pertama setelah cucu Anda lahir.

Karena kemajuan medis sepanjang beberapa dekade, harapan hidup anak dengan kondisi jantung sekarang lebih dari 95% untuk anak yang telah menjalani operasi jantung terbuka. Jadi, jika cucu Anda memerlukan operasi jantung terbuka untuk memperbaiki kondisi jantung mereka, hal ini dapat membuat Anda lebih tenang.

Bila Anda ingin lebih banyak tahu tentang kondisi cucu Anda, carilah informasi yang tepat. Anda bisa menelepon ahli dan mendapatkan penjelasan tentang kondisi yang berbeda-beda dan pengobatannya.

Masalah keluarga

Menerima diagnosis penyakit jantung bawaan mengakibatkan perubahan emosi drastis dalam keluarga. Kakek/nenek sering mengalami emosi yang sama, seperti kemarahan, kesedihan, dan penyangkalan yang mempengaruhi orangtua dalam mempelajari diagnosis dan bisa saja sulit untuk menerima penyebabnya.

Sumber umum ketegangan dalam keluarga adalah anggota keluarga yang mencoba menasihati orangtua tentang cara terbaik untuk merawat anak dengan kelainan jantung. Namun, walaupun bermaksud baik, hal ini dapat membuat orangtua kesal karena anak mereka mungkin membutuhkan perawatan spesial, misalnya pola makan yang berbeda.

Seorang nenek mengatakan bahwa beliau melihat cucu perempuannnya memberi makan anak laki-lakinya roti dengan mentega. Beliau terkejut karena beliau berpikir bahwa krim buruk bagi jantung dan tidak cocok mentega bayi. Faktanya, ahli diet telah menyarankan diet tinggi kalori sehingga berat badan bayi telah memenuhi standar sebelum operasi selanjutnya. Cara terbaik untuk menghindari kesalahpahaman seperti ini adalah mencari tahu lebih jauh lagi tentang rencana perawatan cucu Anda, yang dibuat oleh tim perawat mereka.

Dengan cara ini Anda dapat memberikan anak Anda dukungan yang pantas sepanjang perjalanan mereka dalam merawat anak. Ini terutama penting jika Anda secara langsung membantu merawat cucu Anda. Tanyakan anak Anda untuk menjelaskan jika merasa ragu, mereka mungkin akan dengan senang hati berbagi informasi dengan Anda.

Mendukung satu sama lain

Walaupun mungkin masih ada perbedaan pendapat atau kesalahpahaman, banyak keluarga justru lebih dekat lagi dari sebelumnya. Kakek/nenek seringkali berperan penting dalam mendukung orangtua yang memiliki anak dengan kelainan jantung.

Menawarkan bantuan

Siapapun yang ingin membantu harus sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Anda mungkin memiliki ide tentang apa yang bisa Anda lakukan untuk membantu tapi mencoba sefleksibel mungkin. Jika orangtua memberi tahu Anda bahwa mereka tidak membutuhkan bantuan sekarang, biarkan mereka tahu bahwa mereka bisa selalu meminta bantuan Anda lagi di hari selanjutnya.

Kakek/nenek membantu dengan berbagai cara, contohnya: mengasuh anak, memasak, membantu pekerjaan rumah tangga dan menawarkan bantuan dengan jadwal kunjungan ke klinik.

Beberapa kakek/nenek berpengetahuan sangat luas tentang kondisi cucu mereka dan menemani orangtua ke dokter jantung. Hal ini dapat bermanfaat karena seringkali terdapat banyak informasi dan tidak cukup kalau hanya orangtua saja yang mendengarkan.

Hal terpenting yang bisa kakek/nenek lakukan untuk membantu sering kali adalah mendengarkan. Banyak orangtua mengandalkan orangtua mereka sendiri karena bisa menjadi tempat mengutarakan masalah dan mendapatkan dukungan.

Dukungan dari kejauhan

Jika Anda hidup di tempat yang jauh, cobalah tetap berhubungan dengan panggilan singkat atau kartu. Menjaga anak dengan kelainan jantung juga bisa berarti menambah beban keuangan sehingga tawaran bantuan keuangan apapun yang bisa Anda dapatkan juga bisa banyak membantu.

Cucu lainnya

Saudara anak dengan kelainan jantung sering mengira bahwa mereka diabaikan oleh kerabat yang cemas tentang anak dengan kelainan jantung. Orangtua mungkin juga kesulitan mengalihkan perhatian ke anak yang sakit. Kakek/nenek dapat membantu dengan memberikan anak lain waktu dan perhatian.

Mereka mungkin juga bisa menjaga anak yang sakit sehingga orangtua mampu menghabiskan waktu sendirian dengan anak lainnya.

Sumber