Infeksi Bakteri Pada Jantung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Prosedur medis sederhana dapat menyebabkan masuknya bakteri ke dalam aliran darah, dan infeksi dapat menyebar sampai ke lapisan jantung bagian dalam atau endocardium. Dokter menyebut infeksi bakteri tersebut endocarditis. Jika tidak terobati, endocarditis mungkin menyebabkan gagal jantung atau kematian.

Dengan pengobatan yang tepat, sebagian besar orang dengan endocarditis bakteri pulih dengan cepat.

Bagaimana endocarditis bakteri bisa terjadi?

Endocarditis hampir selalu terjadi jika bakteri masuk ke dalam aliran darah dan menempel di katup jantung yang abnormal, biasanya karena kondisi jantung sebelumnya (seperti mitral valve prolapse atau penebalan katup jantung karena demam rematik) sekaligus ketidakberuntungan.

Semua orang mendapatkan beberapa kuman di dalam darah setiap hari, yang muncul jika pergi ke dokter gigi atau menjalani operasi sederhana atau tergores. Biasanya, bakteri tidak berbahaya sebelum dinetralkan dengan sistem imun. Namun, beberapa jenis bakteri – sebagian besar merupakan anggota keluarga streptococcus, enterococcus, atau staphylococcus – mampu memanfaatkan aliran darah sebagai jalur menuju jantung.

Bakteri yang dapat menyebabkan endocarditis umumnya hidup di dalam mulut, sistem pencernaan, saluran kemih, atau bagian atas sistem pernapasan tanpa menyebabkan bahaya apapun. Selain itu, bakteri memang biasanya akan tinggal di tempat tersebut – jika prosedur medis tidak membuka jalur menuju aliran darah.

Prosedur gigi apapun yang menyebabkan perdarahan, termasuk pembersihan gigi, dapat mengakibatkan endocarditis. Peluang infeksi umum lainnya termasuk tonsillectomy, pemeriksaan dengan bronkoskop, operasi prostat atau kantong kemih, dan operasi lain pada saluran pernapasan, saluran pencernaan, atau saluran kemih. Orang yang secara teratur menyuntikkan obat-obatan terlarang juga berpeluang memperbanyak bakteri di dalam darah.

Siapa saja yang bisa mengalami endocarditis bakteri?

Bakteri jarang menginfeksi jantung yang normal dan sehat. Setiap orang yang mulai terkena endocarditis biasanya telah mengalami kerusakan jantung yang cukup parah. Banyak orang yang katup jantung alami atau buatannya rusak karena kelainan bawaan atau demam rematik. Orang dengan mitral valve prolapse juga berisiko.

Apa saja gejala endocarditis bakteri?

Tanda endocarditis bakteri beragam pada setiap orang dan bisa saja samar-samar. Beberapa orang mengalami sakit mirip dengan flu dengan demam, menggigil, kelelahan, dan nyeri tubuh yang berlangsung selama beberapa minggu atau bulan. Yang lainnya merasa lemah atau berat badan menurun tanpa sebab jelas. Dokter mungkin mencurigai adanya endocarditis bakteri setelah mendengarkan detak jantung Anda dengan stetoskop. Diagnosis dipastikan dengan tes darah dan echocardiogram, yang merupakan tampilan ultrasound jantung Anda.

Apakah endocarditis bakteri dapat dicegah?

Jika Anda mengalami kerusakan jantung jenis apapun, tanyakan dokter apakah Anda rentan terhadap endocarditis bakteri. Jika jawabannya ya, Anda harus melindungi diri Anda sendiri. Pastikan setiap dokter gigi dan dokter umum mengetahui kondisi Anda. Sebelum Anda menjalani prosedur apapun yang dapat menyebabkan infeksi, dokter gigi atau dokter umum harus memberikan dosis antibiotik (paling sering 2 gram amoxicillin, atau obat lainnya jika Anda alergi penisilin) yang diminum sejam sebelum prosedur. Dokter mungkin memberikan kartu yang menjelaskan kondisi Anda untuk disimpan di dalam dompet.

Pengobatan endocarditis bakteri

Saat bakteri bersarang di dalam jantung, Anda akan memerlukan antibiotik selama sekitar 4-6 minggu. Anda pada awalnya mungkin akan menerima obat melalui infus di rumah sakit. Nantinya, Anda boleh minum antibiotik di rumah.

Idealnya, dokter dapat meresepkan obat yang khususnya menangani infeksi Anda. Contohnya, dosis penisilin harian mampu membasmi sebagian besar bakteri streptococcus. Namun, dokter sering kali harus mulai mengobati infeksi sebelum kuman dapat teridentifikasi. Dalam kasus ini, Anda akan diberikan antibiotik umum untuk menyerang bakteri yang mungkin menyebabkan masalah.

Dalam kebanyakan kasus, infeksi akan hilang dengan cepat. Sayangnya, banyak jenis bakteri mulai kebal terhadap antibiotik. Dokter akan ingin mengawasi Anda dengan ketat untuk memastikan obat bekerja. Dalam kasus langka, jika komplikasi macam gagal jantung memburuk selama pengobatan antibiotik, Anda mungkin membutuhkan operasi untuk menghilangkan infeksi.

Sumber