9 Tips Memilih Makanan yang Baik untuk Jantung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Memilih makanan yang tepat dapat membantu mengatasi gejala-gejala penyakit jantung dan membantu mencegah komplikasi lebih jauh. Memperbaiki pola makan dan kebugaran Anda juga dapat memperlambat proses penyumbatan arteri, dan bahkan menghentikan atau membalikkan penyempitan arteri, serta menurunkan kolesterol ‘jahat’ atau LDL, tekanan darah, gula darah, dan berat badan.

Makan-makanan untuk jantung sehat bukan hanya tentang menjauhi makanan yang tak sehat. Penting juga untuk menambahkan beberapa tipe makanan sekaligus menjauhi yg lainnya. Gunakan 9 strategi ini untuk membantu merencanakan menu sehat Anda.

Know the basic. Dasar dari perencanaan makanan sehat itu mudah: makanlah lebih banyak sayuran, buah-buahan, bijian, dan polong-polongan. Ini semua adalah makanan yang membantu Anda melawan penyakit jantung.

Pastikan rasanya enak. Makanan sehat juga bisa jadi lezat, lho! Menyukai apa yang Anda makan akan membantu Anda untuk bertahan pada kebiasaan makanan sehat. Tanya dokter Anda bila dia bisa merekomendasikan ahli gizi yang akan membantu Anda dengan tips masak atau memberi saran ketika makan malam di luar.

Dapatkan protein. Tambahkan berbagai variasi protein makanan (daging putih, produk rendah lemak, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan).

Batasi lemak. Hindari memakan lemak jenuh (seperti margarin, produk susu tinggi lemak, potongan daging yang berlemak) dan trans fats (ditemukan di makanan panggangan dalam kemasan, popcorn yang dibuat di microwave, dan makanan yang digoreng). Ikuti saran dokter Anda tentang takaran lemak.

Pilih karbohidrat yang benar. Saat Anda makan, setengah dari kalori harus datang dari biji-bijian, sayuran, buah-buahan, atau makanan tumbuhan lainnya. Batasi makanan dan minuman manis.

Jangan lupa makan. Melewatkan waktu makan malah akan membuat Anda makan lebih banyak di sesi makan selanjutkan. Solusinya adalah makan 5-6 kali sehari dengan porsi kecil, selama Anda tidak kelebihan kalori.

Kurangi garam. Kelebihan garam dapat menaikkan tekanan darah. Menambahkan makanan yang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, dan kalsium juga penting.

Berolahraga setiap hari. Olahraga menguatkan jantung Anda, memperbaiki aliran darah, menurunkan tekanan darah tinggi, menambahkan HDL (kolesterol “baik”),, dan membantu mengatur gula darah dan berat badan.

Banyak minum. Memastikan tubuh mendapat cukup air akan membuat Anda merasa enerik dan makan lebih sedikit. Tanya dokter Anda tentang berapa banyak air yang harus Anda minum per hari. Dan ingatlah, makanan yang kaya akan air juga bisa dihitung.

Sumber