5 Hal yang Harus Anda Ketahui Ketika Anak Anda Menderita Penyakit Jantung

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Apa yang terjadi ketika anak tumbuh dengan penyakit jantung?

Ada banyak orang dewasa yang memiliki penyakit jantung bawaan. Ini artinya, masalah jantung yang mereka alami sudah dimulai sejak lahir. Banyak orang dewasa telah menjalani operasi atau prosedur pada masa kecil dan merasa diri mereka “pulih”. Berkat kemajuan perawatan medis dan operasi, sekarang dipercaya bahwa jumlah orang dewasa dengan penyakit jantung bawaan ssudah lebih banyak dari jumlah anak dengan penyakit jantung bawaan. Ini artinya, anak-anak dengan penyakit jantung akan dapat tumbuh dewasa layaknya anak-anak lain.

Apakah anak atau anggota keluarga dengan penyakit jantung harus mendapatkan vaksinasi flu?

Ya! Vaksinasi flu sangat penting. Vaksinasi flu tahunan mampu mencegah komplikasi serius dari infeksi influenza (flu). Vaksin berubah setiap tahun sehingga vaksinasi tahunan disarankan.

Pasien tertentu tidak boleh menerima vaksinasi flu, misalnya pasien dengan alergi telur, vaksin flu, atau pasien dengan kekebalan tubuh yang lemah (contohnya penerima transplantasi organ).

Apakah harus cemas jika anak pingsan?

Pingsan atau sinkop termasuk umum. Penyebab umum adalah berdiri tegap atau perubahan posisi seperti dari duduk ke berdiri. Pingsan biasa—atau sinkop vasodepressor atau vasovagal—berasal dari ketidakseimbangan detak jantung, tekanan darah, dan aliran darah menuju kepala yang menyebabkan kehilangan kesadaran sejenak. Skenario umum pingsan biasa adalah: mengantre, berdiri terlalu lama saat upacara bendera, berdiri saat mandi dengan shower dan setelah menggunakan toilet.

Masalah jantung serius jarang menyebabkan pingsan. Pingsan selama berolahraga atau latihan berat adalah cerita lain dan mungkin disebabkan oleh masalah jantung, dan harus dinilai oleh ahli jantung. Untuk mencegah bertambahnya jumlah cairan dalam episode pingsan biasa, garam tambahan dalam makanan dan menghindari kafein biasanya membantu.

Tes apa saja yang disarankan untuk pemeriksaan fisik tahunan?

Asosiasi Jantung Amerika (AHA) merekomendasikan riwayat pasien, riwayat keluarga mendetail, dan pemeriksaan fisik untuk pemeriksaan fisik olahraga tahunan dan screening partisipasi olahraga. Screening universal atau tes dengan EKG atau echocardiography tidak disarankan oleh AHA. Screening universal atau tes bisa menjadi topik kontroversial. Tes EKG atau screening echocardiogram terbatas mungkin tidak mendeteksi semua masalah langka penyebab kematian mendadak pada atlet muda. Di AS, rekomendasi AHA saat ini adalah riwayat pasien mendetail, riwayat keluarga mendetail, dan pemeriksaan fisik untuk pemeriksaan fisik olahraga tahunan dan screening partisipasi olahraga. Jika masalah muncul dari screening ini, penilaian oleh ahli jantung mungkin dibutuhkan.

Apa itu unit perawatan intensif jantung?

Sudah banyak rumah sakit anak yang membuka unit perawatan intensif (ICU) spesialis perawatan bayi, anak-anak, dan orang dewasa dengan masalah jantung. ICU jantung memiliki staf yang terdiri dari dokter perawatan intensif, ahli jantung, praktisi perawat, terapis pernapasan, dan perawat dengan keahlian khusus dalam perawatan neonatal, anak-anak dan orang dewasa dengan masalah jantung bawaan. ICU jantung sering berbeda dari ICU anak (PICU) atau ICU neonatal (NICU). Pasien dalam ICU jantung dapat beragam dari bayi baru lahir dengan penyakit jantung yang baru saja terdiagnosis sampai orang dewasa dengan penyakit jantung bawaan.

Sumber