Nutrisi dan Hemodialisis untuk Remaja

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Sekarang karena Anda mulai melakukan hemodialisis, mungkin ada banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Dokter mungkin sudah mengatakan bahwa Anda mungkin perlu membuat beberapa perubahan dalam diet Anda. Ahli gizi di pusat dialisis Anda akan membantu dalam merencanakan diet untuk kebutuhan khusus Anda.

Mengapa saya harus melakukan diet khusus?

Karena ginjal tidak mampu menyingkirkan produk-produk limbah yang cukup dan cairan dari darah Anda dan tubuh Anda sekarang memiliki kebutuhan khusus, Anda perlu untuk membatasi cairan dan mengubah asupan makanan tertentu dalam diet Anda. Seberapa baik perasaan Anda akan bergantung pada:

  • makan jenis makanan yang tepat dan dalam jumlah yang sesuai dari diet Anda
  • memiliki perawatan hemodialisis sesuai anjuran dokter Anda
  • mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter Anda.

Diet Anda sangat penting untuk perawatan Anda. Penting bagi Anda untuk memiliki jumlah protein, kalori, cairan, vitamin dan mineral yang tepat setiap harinya. Ahli gizi Anda akan membantu Anda merencanakan daftar makanan Anda untuk memastikan Anda mendapatkan keseimbangan yang tepat.

Bagaimana saya tahu jika saya makan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan saya?

Karena Anda sedang berada pada dialisis, Anda memiliki beberapa kebutuhan yang sangat khusus. Makan dengan baik membantu Anda tetap sehat. Pola makan yang buruk dapat meningkatkan risiko penyakit. Ahli gizi Anda akan berbicara dengan Anda terkait seberapa baik Anda makan.

Beberapa pertanyaan yang mungkin ditanyakan:

  • Apakah Anda menyadari adanya perubahan dalam jenis atau jumlah makanan yang Anda makan setiap harinya?
  • Apakah Anda memiliki masalah makan makanan diet yang biasa atau yang direkomendasikan kepada Anda?
  • Apakah Anda kehilangan berat badan tanpa melakukan upaya apapun?
  • Apakah Anda menyadari adanya perubahan dalam kekuatan atau kemampuan Anda untuk mengurus diri sendiri?

Ahli gizi atau perawat mungkin akan memeriksa lemak dan otot yang tersimpan pada wajah, tangan, lengan, bahu, dan kaki Anda. Dokter akan melihat perubahan dalam tingkat protein darah Anda, dan terutama yang disebut albumin. Perubahan protein ini dapat menandakan bahwa Anda kehilangan protein tubuh. Beberapa tes darah khusus yang dilakukan setiap bulan disebut Kt/V atau rasio reduksi urea (URR). Tes ini membantu dokter memutuskan apakah Anda mendapatkan cukup dialisis. Mendapatkan jumlah dialisis yang tepat penting untuk membantu Anda merasa lebih baik.

Perubahan lemak dan otot yang tersimpan atau tes darah ini bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak mendapatkan cukup dialisis. Seiring dengan Kt/V, tes ini memberikan informasi tentang asupan protein atau yang setara dengan protein Anda nitrogen appearance (PNA). Menggunakan PNA, albumin dan setiap perubahan nafsu makan, ahli gizi Anda akan menentukan apakah Anda makan dengan tepat dan cukup. Jumlah dialisis yang tepat diperlukan untuk memastikan Anda dapat menikmati makanan Anda sambil menjaga kesehatan Anda.

Bagaimana jika saya memiliki kolesterol tinggi?

Mengubah diet Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ahli gizi Anda akan berbicara dengan Anda tentang jenis lemak dan makanan hewani yang Anda makan. Juga, dokter mungkin memutuskan bila Anda memerlukan obat khusus untuk mengurangi kolesterol dalam darah Anda.

Bagaimana jika saya memiliki diabetes?

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin hanya perlu membuat beberapa perubahan dalam diet sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pasien ginjal. Sebagai contoh, beberapa makanan bebas yang telah Anda konsumsi mungkin perlu dibatasi pada diet ginjal Anda. Ahli gizi Anda akan membantu menyusun rencana makan khusus untuk Anda.

Apakah ada hal lain yang harus saya ketahui?

Berikut ini adalah tips penting yang dapat membantu diet Anda:

  • Sayuran beku segar atau polos tidak mengandung garam tambahan. Buang semua cairan selama memasak sebelum disajikan.
  • Buah-buahan kalengan biasanya mengandung sedikit kalium dibandingkan dengan buah-buahan segar. Buang semua cairan sebelum disajikan.
  • Krim tanpa susu biasanya rendah fosfor dan dapat digunakan sebagai pengganti susu.
  • Daftar pada kemasan makanan akan memberikan informasi tentang beberapa bahan yang mungkin tidak diperbolehkan dalam diet Anda. Bacalah daftar ini.

Untuk membantu Anda menghindari garam, gunakan banyak bumbu dan rempah-rempah untuk membuat diet Anda lebih menyenangkan. Periksa dengan ahli gizi Anda untuk daftar ini.

Sumber