10 Tips Mengatasi Rambut Rontok Selama Pengobatan Kanker Payudara

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Masalah rambut rontok yang Anda alami selama menjalani pengobatan sebenarnya tidak memengaruhi kesehatan, namun biasanya memengaruhi rasa percaya diri. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengendalikan rambut rontok.

  1. Pastikan keluarga dan kerabat siap menerima perubahan penampilan Anda. Anak-anak mungkin belum cukup memahami kondisi Anda, namun yakinkan mereka bahwa rambut Anda akan tumbuh kembali. Mereka mungkin akan merasa lebih baik jika diajak untuk memilih wig atau penutup rambut lainnya.
  2. Pilihlah potongan rambut yang sangat pendek ketika masalah rambut rontok datang. Potongan rambut pendek akan memberikan gambaran kondisi rambut ketika mulai tumbuh kembali.
  3. Gunakan tabir surya atau lindungi kepala Anda dengan topi atau syal ketika Anda berada di bawah sinar matahari, khususnya jika Anda tidak memakai wig.
  4. Jaga kepala Anda agar tetap hangat jika Anda tidak memakai wig. Anda dapat memakai topi hangat atau kupluk saat cuaca dingin.
  5. Kunjungi spesialis wig sebelum Anda mulai kemoterapi, terutama jika Anda memang berencana untuk memakai wig. Spesialis wig akan memberikan beberapa pilihan rambut palsu yang akan terlihat seperti rambut alami Anda. Selain itu, Anda dapat memesan wig sesuai keinginan.
  6. Cari salon wig berkualitas yang dapat memberikan rekomendasi shampo, kondisioner, dan sikat untuk wig Anda. Salon berkualitas akan membersihkan dan menata ulang wig sesuai kebutuhan. Mintalah referensi dari rumah sakit atau kelompok pendukung kanker setempat mengenai salon wig berkualitas.
  7. Pertimbangkan untuk membeli lebih dari satu wig. Dengan memiliki wig lebih dari satu, Anda tidak akan khawatir bepergian ketika wig yang lainnya sedang dibersihkan dan ditata ulang.
  8. Gunakan aksesoris rambut. Selendang, topi, dan turban bisa membantu Anda tampil lebih modis.
  9. Bersiaplah untuk menghadapi rambut yang akan tumbuh kembali. Dalam beberapa kasus, rambut baru bisa tumbuh dengan warna, tekstur, atau gelombang yang berbeda dari sebelumnya. Namun, Anda tidak usah khawatir karena perubahan ini biasanya tidak permanen.
  10. Bergabunglah dengan komunitas kanker untuk bersosialisasi dengan orang lain yang berada di situasi yang sama dengan Anda. Bicarakan kekhawatiran Anda dalam hal penampilan. Dari diskusi tersebut, Anda akan mendapatkan beberapa tips seputar tampilan.

Sumber