Saya Didiagnosis Kanker Payudara Stadium 4. Apa yang Harus Saya Lakukan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Saat sel kanker menyebar dan memengaruhi bagian tubuh lainnya selain payudara, tahapan ini tergolong sebagai kanker payudara stadium 4. Kanker jenis ini berbeda dengan kasus kanker kambuhan, di mana kanker biasanya akan kembali menyerang setelah terapi dinyatakan berhasil dan tidak mendeteksi adanya sel kanker lainnya.

Lokasi paling umum untuk sel kanker dapat menyebar adalah tulang, hati, otak, paru-paru, dan kelenjar getah bening. Saat penyebaran dimulai, kanker payudara sudah tidak bisa lagi disembuhkan. Meskipun begitu, penentuan prognosis setiap orang dapat berbeda satu sama lain.

Statistik

Statistik dapat menyesatkan. Hasil statistik diolah hanya berdasarkan populasi besar manusia dengan variabel karakteristik yang terlalu luas. Pasien kanker payudara stadium 4 memiliki tingkat kesempatan hidup sebesar 22% setelah 5 tahun terapi berjalan dibandingkan dengan pasien non-kanker payudara. Namun jika ditelaah lebih lanjut, statistik ini bukanlah harga mati. Menurut American Cancer Society, angka kematian akibat kanker payudara telah menurun secara stabil dari tahun ke tahun semenjak era 90-an. Dibutuhkan seorang dokter spesialis yang telah mempertimbangkan keseluruhan faktor unik ke dalam situasi tertentu untuk menentukan prognosis seorang pasien kanker payudara.

Faktor pengaruh prognosis

Setiap pasien kanker payudara stadium 4 memiliki faktor dan kondisi yang berbeda antar satu sama lain. Maka, prognosis yang dihasilkan pun akan berbeda pula. Ada sejumlah faktor untuk yang dapat dipertimbangkan dokter untuk menentukan prognosis, yaitu:

  • Rentang waktu antara terapi terakhir dengan insidensi penyebaran (metastasis)
  • Tipe metastasis: lokal atau jauh
  • Metastasis tulang atau jaringan lunak
  • Kehadiran reseptor hormon
  • Jenis terapi

Faktor waktu

Pasien dengan kanker payudara yang telah menyebar lebih dari lima tahun semenjak terapi terakhirnya memiliki prognosis yang lebih baik daripada kelompok pasien yang penyebaran kankernya dimulai lebih dini, dua tahun atau kurang semenjak menjalankan terapi. Kanker payudara umumnya menyebar dalam waktu dua tahun.

Tipe metastatis

Prognosis terbaik lebih banyak ditemukan pada pasien dengan metastasis lokal, di daerah dada atau ketiak. Semakin jauh penyebaran sel kanker, semakin parah prognosisnya.

Jenis jaringan

Prognosis terburuk biasanya ditemukan pada pasien yang memiliki komplikasi kanker di berbagai jaringan halus, seperti otak, paru-paru, atau hati.

Kehadiran reseptor hormon

Menurut kajian American Cancer Society, sekitar dua pertiga kasus kanker payudara adalah reseptor hormon positif. Karakteristik ini akan mempermudah dokter dan pasiennya untuk menentukan jenis terapi yang paling memungkinkan dilakukan: terapi hormon. Obat-obatan seperti inhibitor aromatase menghentikan atau memperlambat produksi estrogen, yang akan menghentikan pertumbuhan tumor yang sensitif terhadap estrogen. Tamoxifen bekerja menghadang estrogen untuk memfasilitasi pertumbuhan tumor.

Terapi

Terapi dirancang khusus untuk meningkatkan peluang bertahan hidup dan prognosis dari pasien kanker. Seberapa baik kemajuan perawatan kanker dapat bergantung pada terapi yang dipilih. Ada dua tipe utama terapi:

  • Terapi lokal – dirancang untuk menyerang tumor tertentu. Terapi lokal termasuk prosedur pengangkatan tumor dan radiasi untuk menyusutkan atau mematikan tumor
  • Terapi sistemik – dirancang sedemikian rupa agar obat-obatan dapat “bepergian” melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Kemo dan terapi hormon adalah terapi sistemik

Terapi sistemik dapat mematikan sel kanker yang terlanjur menyebar ke seluruh tubuh, begitu pula dengan sel-sel kanker yang terpencil dan sulit untuk ditemukan. Terapi sistemik dapat menghasilkan prognosis yang lebih baik daripada terapi lokal.

Lalu, apa yang bisa saya lakukan?

Jika Anda didiagnosis dengan kanker payudara stadium 4, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah terus berkomunikasi dan bekerja sama dengan dokter Anda (atau tim dokter yang disusun untuk menangani Anda). Keterbukaan adalah faktor penting yang dapat memengaruhi proses penyembuhan. Utarakan pada dokter mengenai segala kekhawatiran Anda mengenai gejala yang Anda alami, terapi Anda, dan prognosis yang telah ditentukan untuk Anda. Pastikan Anda memahami benar tentang detail pilihan terapi yang direkomendasikan oleh dokter Anda beserta alasannya. Terakhir, buat komitmen untuk rutin jalankan terapi yang telah Anda sepakati dengan dokter Anda.