Pilihan Rekonstruksi Setelah Operasi Kanker Payudara

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Tersedia berbagai jenis operasi rekonstruksi untuk kanker payudara. Akibatnya, tidak sedikit pasien yang kebingungan dalam menentukan operasi rekonstruksi yang akan dijalani. Simaklah penjelasan mengenai jenis-jenis operasi rekonstruksi di artikel ini agar memudahkan Anda dalam memilih operasi yang paling tepat.

Pahami pilihan Anda

Hal yang lebih membingungkan dalam serangkaian operasi kanker payudara adalah memilih salah satu pilihan rekonstruksi. Pada awalnya, Anda dikejutkan oleh diagnosis kanker, kemudian Anda harus beradaptasi dengan kemungkinan mastektomi, dan akhirnya Anda mulai membiasakan diri dengan pilihan rekonstruktif. Wajar apabila stres datang, namun Anda harus tetap mengetahui setiap prosedur untuk membuat keputusan yang tepat.

Implan menggunakan ekspander

Saat ini, implan ekspander merupakan operasi rekonstruksi yang paling umum dilakukan. Operasi ini biasanya dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama diawali dengan menempatkan ekspander. Di tahap kedua, dokter akan mengganti ekspander dengan silikon atau implan saline. Ekspander biasanya dipasang pada saat mastektomi, meskipun dapat dilakukan beberapa tahun setelah operasi.

Mulanya, doker bedah akan melakukan mastektomi untuk mengangkat kanker dan semua jaringan payudara yang diperlukan. Kemudian dokter bedah plastik akan membagi otot dinding dada Anda dan memasang perangkat medis yang disebut ekspander di dalamnya.

Setelah sekitar satu bulan masa penyembuhan, Anda harus kembali mengunjungi dokter bedah plastik untuk menjalani proses “mengisi”. Dokter akan memasukkan jarum tipis ke dada Anda kemudian memompa saline ke dalam ekspander. Kulit Anda akan mati rasa sehingga prosedur ini dapat dijalani tanpa rasa sakit. Proses “pengisian” akan dilakukan secara berkala selama beberapa bulan untuk membiarkan kulit beradaptasi dan akhirnya mengakomodasi implan yang diberikan.

Dalam operasi kedua, ekspander akan diangkat dan implan dimasukkan. Sesuai dengan pilihan anda, puting dapat dibuat dari kulit paha bagian dalam atau kulit bagian lain. Sebagai alternatif lain, Anda juga bisa mendapatkan tattoo puting 3-D di payudara Anda.

Prosedur implan merupakan operasi yang relatif mudah dengan pemulihan yang tergolong singkat. Namun, ekspander akan nampak tidak alami karena dada Anda pada dasarnya sedang dipompa sehingga payudara akan terasa keras sebelum diganti dengan implan. Untuk mengakali proses ini, Anda akan harus pintar-pintar memilih pakaian supaya dada tidak terlihat mencolok.

Jaringan parut sekitar implan (capsular contracture) akan mengeras dan terkadang menjadi masalah tersendiri. Implan yang ditanam tidak berlaku seumur hidup dan umumnya harus diganti sekitar 10 tahun sekali. Proses ini memerlukan MRI.

Ada pula pilihan operasi yang lebih simpel, yaitu implan ditempatkan pada saat mastektomi. Sayangnya, tidak semua pasien dapat menjalani operasi ini. Namun jika Anda tertarik, mintalah saran dokter bedah plastik.

Prosedur flap

Prosedur flap jauh lebih rumit karena harus dilakukan di bawah anestesi dan membutuhkan waktu yang panjang. Prosedur ini dianggap sebagai operasi besar dan pasien harus dirawat di rumah sakit selama beberapa hari. Untuk melakukan operasi ini, dibutuhkan dokter ahli bedah plastik yang berkualitas dan terampil dalam bedah vaskuler.

Dalam prosesnya, jaringan tubuh sendiri digunakan untuk membuat gundukan payudara. Di antara beberapa jenis prosedur flap, ada dua cara untuk melakukan operasi ini, yaitu:

  • Kulit dan otot dapat diambil dari bagian tubuh lain dan ditempatkan untuk membentuk payudara.
  • Jaringan tersebut diangkat seluruhnya dan dipindahkan di tempat baru.

Berikut ini adalah deskripsi dari berbagai prosedur flap.

Transverse Rectus Abdominal Muscle (TRAM) Flaps

Dokter bedah plastik akan mengambil otot dan jaringan dari perut Anda dan menggunakannya untuk membuat payudara. Karena salah satu otot perut diambil, otot perut Anda mungkin akan terasa lemah sehingga Anda disarankan untuk melakukan terapi fisik agar kekuatan Anda dapat pulih kembali.

Back (Latissimus Dorsi) Flap

Serupa dengan proses yang lainnya, prosedur ini membutuhkan kulit, lemak, dan otot dari punggung atas, menembus bagian bawah kulit ke dada. Prosedur ini biasanya digunakan untuk ukuran payudara yang lebih kecil, atau untuk membuat kantung implan. Setelah menjalani prosedur ini, beberapa wanita umumnya mengeluhkan lemah punggung dan lengan.

Gluteal and Thigh Flap

Prosedur ini merupakan pilihan lain bagi wanita yang mungkin memiliki lebih banyak jaringan di pantat dan kaki daripada jaringan dalam perut.

Deep Inferior Epigastric Perforator (DIEP) Flap

Prosedur ini mirip dengan flap TRAM, tetapi bedanya, hanya kulit dan lemak yang diambil. Dalam prosedur ini, dibutuhkan dokter ahli microsurgery untuk menyambungkan pembuluh darah. Dibandingkan dengan TRAM, DIEP flap tidak menghilangkan kekuatan perut bagi beberapa wanita.

Keuntungan dari prosedur flap adalah bentuk, tekstur, dan tampilan payudara yang direkonstruksi terlihat lebih alami. Payudara tersebut memiliki aliran darah dan merupakan bagian dari tubuh Anda sendiri. Kulit payudara dapat menua dan mengendur, serta dapat membesar atau menyusut sesuai dengan berat badan. Hal ini tentunya berbeda dengan implan yang akan membuat payudara tetap tinggi dan kencang. Payudara hasil prosedur flap mungkin juga terasa lebih alami bagi pasangan Anda. Di samping itu, banyak wanita yang mengaku sangat senang karena dengan menjalani proses ini, lemak di perut mereka juga dapat dikurangi.

Kerugian dari prosedur flap adalah waktu operasi yang sangat panjang, serta risiko infeksi dan nekrosis jaringan. Terdapat bekas luka di daerah tubuh lain dan ada risiko masalah selain kehilangan otot, seperti hernia. Wanita kurus tidak memenuhi syarat untuk melakukan operasi ini karena tidak memiliki cukup jaringan untuk membuat payudara.

Pikirkan matang-matang

Perlu diingat bahwa operasi rekonstruksi tidak sama dengan operasi untuk mempercantik payudara, karena pada dasarnya dokter mencoba untuk menciptakan sesuatu yang sudah tidak ada. Pastikan harapan Anda tetap realistis, sehingga hasil akhirnya nanti akan terasa lebih memuaskan.

Dokter akan membantu Anda menimbang pro dan kontra setiap operasi. Walaupun mendesak, Anda mungkin akan diberi waktu beberapa minggu untuk mencari informasi tentang pilihan Anda dan menanyakan pendapat kedua jika diperlukan.

Sumber