Apakah Aman Untuk Hamil Setelah Baru Saja Terbebas Dari Kanker Payudara?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Kekhawatiran bahwa kanker bakal timbul lagi saat hamil banyak dialami oleh para survivor kanker payudara. Apakah aman untuk hamil setelah terbebas dari kanker? Apakah perubahan hormon yang mereka alami akan memicu kanker datang kembali?

Peneliti mengungkapkan wanita yang menderita atau pernah memiliki kanker payudara bisa dengan aman memiliki bayi tanpa harus takut tumor akan muncul kembali. Hal ini mematahkan mitos yang ada. Wanita yang hamil setelah terdiagnosis kanker payudara dan menjalani terapi, memiliki kesempatan hidup sama besarnya dengan survivor kanker lainnya yang tidak hamil. Dengan catatan, penelitian tersebut mencatat bahwa wanita yang memilih untuk hamil adalah kelompok wanita survivor kanker yang memiliki prognosis lebih baik (kanker stadium dini dan berpeluang tinggi untuk terbebas sepenuhnya dari kanker). Meski begitu, keputusan kehamilan setelah kanker payudara harus dipertimbangkan dan dimantapkan setelah berkonsultasi dengan onkologis Anda. Pertimbangan tersebut meliputi faktor kesempatan sembuh, apakah Anda masih dalam tahapan terapi (seperti tamoxifen), dan kehamilan memungkinkan Anda untuk menghentikan terapi atau dapat memengaruhi prognosis Anda.

Sekitar 80% wanita berhasil sembuh dari kanker payudara. Diskusikan dengan onkologis Anda seputar berbagai aspek dari tumor Anda dan terapi yang Anda jalankan. Setelahnya, perkirakan peluang Anda untuk dapat sembuh total. Wanita yang belum mengalami menopause dan memiliki jenis kanker payudara yang sensitif terhadap estrogen umumnya ditangani dengan obat tamoxifen selama lima tahun semenjak diagnosis pertama. Jika Anda sedang mengonsumsi tamoxifen, dokter akan menyarankan Anda untuk menunda kehamilan hingga terapi selesai.

Saat Anda sudah mengetahui peluang sembuh, maka Anda dapat mempertimbangkan bagaimana kehamilan akan memengaruhi peluang hidup Anda, dan waktu yang tepat untuk hamil. Jika Anda memiliki riwayat medis keluarga dengan kanker payudara dan kanker rahim, dokter Anda mungkin akan mendiskusikan mengenai kemungkinan tes genetik agar Anda dapat memahami risiko munculnya kanker lain, atau apakah Anda layak hamil dengan kondisi yang sedang Anda alami saat ini.