Siapa yang Berisiko Terkena Cedera Achilles Tendon?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: Hello Sehat Medical Review Team

Pernahkah Anda mendengar istilah tendonitis achilles? Hal ini terjadi ketika tendon achilles Anda digunakan secara berlebihan atau terluka, yang menyebabkan peradangan dan kerusakan pada daerah tersebut. Bagi Anda yang tidak tahu, tendon achilles adalah ikatan jaringan yang menghubungkan otot betis di belakang kaki bawah ke tulang tumit Anda.

Tendonitis achilles sangat umum terjadi dan dapat menyebabkan rasa sakit. Umumnya orang mengalami nyeri di bagian belakang kaki dekat tumit. Siapa yang berisiko terkena cedera tendon achilles?

Yang meningkatkan risiko Anda terkena achilles tendon

Berikut adalah beberapa faktor yang meningkatkan risiko Anda terkena tendonitis achilles:

Olahraga dan aktivitas fisik

Olahraga sering membuat Anda menggunakan tendon secara berlebihan. Gerakan berulang-ulang seperti melompat atau berlari bisa menyebabkan Anda terlalu sering menggunakan tendon achilles. Bermain olahraga tentu saja baik untuk kesehatan Anda. Tetapi jika Anda tidak berhati-hati ketika berolahraga, hal itu akan meningkatkan risiko cedera. Beberapa kegiatan seperti bekerja di lokasi konstruksi dan berkebun di rumah juga dapat meningkatkan risiko Anda. Anda tidak harus berhenti bermain olahraga tetapi Anda sebaiknya mengambil tindakan perlindungan untuk mencegah cedera.

Masalah fisik dapat berperan

Masalah fisik juga berkontribusi terhadap cedera tendon achilles. Orang dengan kaki datar berada pada risiko tinggi. Sebuah lengkungan alami datar di kaki Anda dapat memberi lebih banyak tekanan pada tendon achilles. Kelebihan berat badan, obesitas, atau memiliki otot betis yang tegang diyakini juga meningkatkan ketegangan tendon.

Kesalahan dalam berlatih olahraga

Kegiatan pemanasan sangat penting sebelum bermain olahraga apapun. Tidak melakukan pemanasan sebelum beraktivitas olahraga atau tiba-tiba mengubah program pelatihan Anda terbukti meningkatkan risiko cedera.

Selain itu, kesalahan lainnya seperti meningkatkan jarak Anda berlari, lari mendaki lebih sering, atau berjalan di tanah yang tidak rata sering memudahkan Anda untuk terkena cedera. Penurunan fleksibilitas karena sepatu tidak layak pakai atau kondisi lain juga dapat menyebabkan masalah tendon.

Usia dan jenis kelamin

Saat Anda bertambah usia, terutama ketika Anda mencapai usia 30 tahun, suplai darah ke daerah tendon achilles berkurang. Penurunan suplai darah ini dapat mengurangi fleksibilitas tendon, yang menyebabkan cedera tendon achilles. Hal ini terbukti bahwa sebagian besar kasus cedera tendon achilles terjadi pada orang yang berusia lebih tua dari 30 tahun. Selain bertambahnya usia, pria juga lebih cenderung terkena tendon achilles dibandingkan wanita.

Mengenakan sepatu yang tidak layak pakai

Sepatu yang tidak layak pakai dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda. Jika Anda memakai sepatu yang tidak layak, Anda mungkin meningkatkan risiko cedera tendon achilles. Memakai sepatu yang usang tidak menyokong kaki atau tumit Anda. Penting untuk memakai sepatu yang tepat saat berolahraga.

Kondisi kesehatan dan obat-obatan

Orang yang memiliki psoriasis dan tekanan darah tinggi berisiko lebih tinggi terkena tendinitis achilles. Begitu pula pada orang-orang yang mengonsumsi obat tertentu. Obat-obat ini mungkin termasuk antibiotik seperti fluoroquinolones.

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi risiko Anda terkena cedera tendon achilles. Memahami faktor-faktor ini akan membantu Anda mencegah cedera tendon achilles. Cedera pada tendon achilles bisa serius, tetapi dengan pengobatan yang benar dapat dengan mudah diperbaiki. Dalam beberapa kasus yang parah, perlu bagi Anda untuk meminta saran dokter.