Yang Perlu Diketahui Oleh Orangtua yang Anaknya Didiagnosis Diabetes Tipe 1

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Jika Anda seperti kebanyakan orang tua lainnya yang baru saja mendengar bahwa anak Anda telah terdiagnosis mengidap diabetes tipe 1, Anda pasti benar-benar merasa shock. Hanya ada sekitar 10% kesempatan menemukan riwayat keluarga yang mungkin mengidap diabetes tipe 1. Ada banyak hal yang bisa dipelajari untuk mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan, mencegah, dan menyembuhkan diabetes tipe 1.

Sementara itu, Anda harus bekerja sama dengan anggota keluarga untuk membantu anak Anda hidup panjang dan sehat. Dan ya, itu adalah tujuan yang realistis. Studi penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang bertujuan untuk menjaga kadar glukosa darah mereka tetap stabil, secara signifikan dapat menurunkan kemungkinan terjadinya komplikasi yang mengancam jiwa yang diakibatkan oleh diabetes.

Apa yang salah dari tubuh anak saya?

Diagnosis diabetes tipe 1 terjadi karena tingkat glukosa (gula) dalam darah anak Anda di atas normal. Hal ini menunjukkan bahwa sistem metabolisme pemeriksaan dan keseimbangan dalam tubuh tidak bekerja, dan mengakibatkan insulin tidak bisa diproduksi. Insulin adalah zat yang penting untuk membawa glukosa dari makanan yang kita makan, lalu mengubahnya menjadi sel-sel tubuh di mana ia amat dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Akibatnya, glukosa menumpuk dalam aliran darah.

Anak Anda mungkin masih memproduksi insulin dalam jumlah yang sedikit sekarang, tapi pada diabetes tipe 1, pankreas kehilangan semua kemampuan untuk memproduksi sel-sel islet insulin. Sel islet dalam pankreas yang memproduksi insulin secara bertahap semuanya rusak, sebuah proses di mana kita tidak bisa melakukan apapun pada titik ini. Suntikan insulin atau pompa insulin akan diperlukan kemudian hari untuk bertahan hidup.

Kenapa bukan pil insulin?

Insulin tidak dapat diberikan dengan diminum karena protein akan dicerna, bukannya dialirkan ke dalam aliran darah di mana fungsi insulin sangat diperlukan. Hampir semua insulin yang tersedia secara komersial di pasaran sekarang kebanyakan sudah direkayasa secara genetik sebagai insulin manusia. Insulin tersedia dalam berbagai bentuk yang berbeda, sesuai dengan seberapa cepat efeknya bekerja dan berapa lama akan dapat terus bekerja di dalam tubuh.

Hidup dengan diabetes

Semua hal yang tampaknya luar biasa sekarang akhirnya akan menjadi sebuah rutinitas. Salah satu rintangan yang Anda temui adalah ketika Anda harus menyuntik anak Anda dengan jarum. Kini sudah ada perangkat baru serta beberapa pengembangan yang membuat proses pengujian kadar glukosa darah dan suntikan insulin tidak menyakitkan, lebih mudah dan lebih tepat saat dilakukan.

Untuk bisa hidup sukses dengan pengidap diabetes pada dasarnya adalah untuk belajar bagaimana menjadi sebuah pankreas. Anda harus belajar bagaimana memantau kadar glukosa darah dan mengatur tingkat insulin sesuai dengan yang dibutuhkan. Maka, Anda harus mempertimbangkan beberapa faktor:

  • Kadar glukosa darah harus diukur beberapa kali sehari
  • Jadwal dan kandungan pada makanan Anda (khusus, memperhatikan jenis serta jumlah karbohidrat dalam makanan)
  • Jumlah aktivitas fisik yang memerlukan lebih banyak glukosa dan dengan demikian lebih banyak insulin dihasilkan
  • Mendapatkan dosis insulin melalui suntikan atau pompa insulin ke dalam tubuh beberapa kali sehari berdasarkan kebutuhan

Dokter dan apoteker Anda akan menjadi teman sekaligus penolong utama Anda. Tapi Anda juga bisa menemukan informasi dari banyak sumber.

Sumber