Tips untuk Berolahraga di Tempat Kerja (Bagian 1)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:
  1. The Twinkle Toe: Tekan jari-jari kaki di lantai bawah meja Anda. Atau lakukan gerakan yang tidak terlalu mencolok: Berdirilah di depan tempat sampah kecil dan angkat kaki kemudian tekan jari kaki di dinding secara bergantian dengan gaya pemain sepak bola.
  2. The Stair Master: Ingin menghindari obrolan singkat saat naik lift, sekaligus meningkatkan kesehatan jantung? Naik tangga! Percepat langkah Anda pada jalur lurus dan ambil dua langkah sekaligus untuk membakar lemak di kaki.
  3. 3. Bekerja, Lalu Santai: daripada Anda terus-menerus bekerja keras secara nonstop, istirahatlah sejenak. Bangkit dari kursi Anda dan lari di tempat. Ingin lebih lega lagi? Angkatlah kedua lutut! Lakukan selama satu menit, lalu kembali ke pekerjaan Anda, dan ulangi.
  4. Squat Jump: Baru saja mendapat klien baru? Sedang mencari cara supaya printer tidak macet? Apakah ini hari Jumat?! Rayakan dengan melakukan squat jump. Lebarkan kaki hingga sejajar pinggul, mundurkan kaki kiri dua langkah ke belakang dan seimbangkan tubuh Anda. Selanjutnya, bungkukkan tubuh, lalu lakukan loncatan ke atas. Saat Anda melompat, ganti kaki yang di belakang ke depan sehingga kaki kiri tadi berada di depan dan kaki kanan di belakang. Ulangi sebanyak 10-12 kali.
  5. Pengelana Kubikel: Berjalan-jalanlah menyusuri lorong dan kubikel untuk menyapa rekan kerja atau menyambut karyawan baru. Atau, daripada menghubungi nomor ekstensi dan mengirim email untuk manajer dua lantai di bawah Anda, rencanakan waktu untuk bertemu.
  6. The Mover and Shaker: Lepas stres dan keluarkan energi dengan menari sambil duduk ketika tidak ada yang melihat! Ada yang ingin ikut menari salsa?
  7. Duduk ala Wall Street: Berdiri dengan punggung Anda ke dinding, tekuk lutut dan geser punggung ke bawah dinding sampai paha sejajar dengan lantai. Duduk dan tahan selama 30-60 detik (atau sampai dengan 12 jam, rekor dunia!). Untuk membakar kalori, coba silangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, tahan selama 15 detik, kemudian ganti secara berulang!
  8. The Last Man Standing: Tentu saja berdiri bukanlah olahraga, tetapi penelitian menunjukkan bahwa ini lebih baik dari duduk. Selain itu, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena diabetes, obesitas, dan penyakit kardiovaskular, sedangkan berdiri secara signifikan dapat meningkatkan pembakaran kalori harian Anda. Berdiri kapan pun Anda bisa, sekaligus Anda juga bisa mempertimbangkan soal melaksanakan rapat berdiri.
  9. Printer yang Sabar: Bos ANda baru saja meminta 200 halaman presentasi untuk segera dicetak. Lalu, mengapa Anda harus berdiri menunggu halaman demi halaman diprint ketika Anda bisa mengangkat kaki ke atas? Berdiri dengan kaki selebar bahu, berjinjitlah, tahan selama beberapa detik lalu turunkan kembali badan Anda ke bawah. Ulangi selama tiga set 12-15 pengulangan, atau sampai pencetakan selesai. Siap untuk naik tingkat? Cobalah sambil mengangkat satu kaki.
  10. The Silent Seat Squeeze: Percaya atau tidak, olahraga dapat dilakukan di kursi Anda tanpa seorang pun yang tahu Cukup dengan mengencangkan otot pantat Anda, tahan selama 5-10 detik, dan lepaskan. Ulangi sampai Anda capek Hasil yang Anda rasakan akan berlipat ganda.
  11. Duduk dengan Kaki Diangkat: Saat Anda duduk, luruskan satu atau kedua kaki dan tahan selama 5 detik atau lebih. Kemudian turunkan kembali ke bawah tanpa menyentuh lantai. Ulangi (bila kaki diangkat secara bergantian) untuk 15 kali pengulangan. Terlalu gampang? Lingkarkan tali tas pada pergelangan kaki untuk menambah beban, atau untuk melatih perut, sekalian dorong dada Anda ke arah lutut seperti sedang sit up.
  12. Squat Meja: Berdiri dengan kedua kaki rapat (dan meja kursi diajuhkan dari Anda). Tekuk lutut sedikit sehingga paha sejajar dengan tanah, seolah sedang duduk di kursi. Ketika Anda membungkuk, angkat lengan lurus ke atas atau ke arah layar komputer. Jaga agar lutut tetap sejajar. Tahan selama 15 detik dan lepaskan. Ulangi selama 4-6 kali pengulangan.
  13. Latihan Hamstring Saat Makan Siang: Berdirilah di belakang kursi Anda dan berpeganganlah pada kursinya. Tendang kaki pelan-pelan ke belakang hingga tumit sejajar dengan bagian atas paha. Turunkan kaki kembali dan ulangi latihan dengan kaki yang lain. Lakukan 10 kali pengulangan, bisa sambil makan sandwich untuk makan siang, kemudian melakukannya 10 kali lagi.
  14. The Grim Reamer: Carilah tumpukan satu rim kertas yang belum dibuka. Sambil
    duduk, tempatkan satu rim tersebut di antara kedua lutut, dan tekan kaki ke bagian dalam hingga menyentuh paha bagian dalam. Terus tekan kertas rim selama 30-60 detik sementara Anda memilah-milah email yang memenuhi email Anda. (Nah, itu namanya multitasking!)