Tips Berolahraga di Tempat Kerja (Bagian 3)

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:
  1. Jepitan Pensil: Putar pundak Anda ke depan sampai tulang selangka di pundak Anda berbentuk cekung. Bayangkan Anda menahan pensil di cekungan tulang pundak Anda (atau taruh pensil betulan di situ!) Tahan selama 5-10 detik, lepaskan, dan ulangi selama 12-15 kali pengulangan.
  2. Mengangkat Bahu: Cukup angkat kedua bahu ke arah telinga, tahan selama 5 detik, kemudian turunkan bahu. Ulangi selama 15 kali pengulangan. Tidak ingin berhenti? Cobalah angkat bahu sambil berdiri dan pegang satu rim kertas pada masing-masing tangan.
  3. Push Up: Jenis push-up yang dimodifikasi dari push-up dinding ini lebih cocok untuk dilakukan saat Anda mengenakan pakaian kantor. Berdiri beberapa cm dari dinding yang kokoh (bukan kubikel!), sandarkan tubuh ke depan hingga telapak tangan menempel pada dinding, dengan lengan lurus dan sejajar terhadap tanah. Selanjutnya, tekuk siku untuk membuat tubuh lebih rendah, tahan selama 2 detik, kemudian dorong kembali ke posisi awal. Lakukan sebanyak 12-15 kali pengulangan.
  4. Pembentuk Tengkuk: Masanya leher kura-kura sudah berakhir─saatnya untuk mengangkat leher! Letakkan tangan di kepala seakan Anda sedang jengkel terhadap pekerjaan (kemungkinan Anda sudah berada dalam posisi ini), serta tekan telapak tangan ke dahi seolah berusaha mendorong kepala ke belakang. Tahan gerakan ini dengan menggunakan otot-otot leher. Selanjutnya, genggam tangan di bagian belakang kepala dan coba dorong kepala ke belakang, tahan gerakan dengan tangan Anda. Tahan setiap suara yang timbul selama 5 detik. Lepaskan perlahan, istirahat, dan ulangi setiap 5 kali.
  5. Meja Kursi Putar: Apakah Anda cukup beruntung bisa bersenang-senang dengan kursi putar? Anda bisa menggunakan putarannya. Duduk tegak dengan kaki tidak menyentuh lantai, sambil memegang tepian meja. Selanjutnya, gunakan pusat kursi untuk melakukan putaran dari sisi ke sisi. Lakukan secara bolak-balik sebanyak 15 putaran.
  6. Meja Kursi Roda: Silakan, bermain dengan kursi beroda Anda (semua orang tentunya ingin!). Sambil duduk di kursi dengan roda, posisikan lengan dari meja dan pegang tepi dengan tangan Anda. Berikutnya, kencangkan otot, angkat kaki sedikit, dan tarik dengan lengan Anda sampai kursi perlahan-lahan melaju ke depan dan dada Anda menyentuh tepian meja. Kemudian, melaju kembali dengan mendorongnya, masih dengan kaki yang terangkat. Ulangi 20 kali.
  7. Penyempurna Postur: Postur sempurna adalah suatu keharusan bagi Anda yang menghabiskan waktu yang lama di meja seharian. Praktikkan meja ergonomi yang aman dengan menyesuaikan tinggi kursi untuk memastikan kaki, pinggul, dan lengan berada di sudut 90 derajat terhadap lantai. Kencangkan otot untuk menjaga punggung tetap tegap sepanjang hari. Anda tidak diperbolehkan membungkuk!
  8. Tahan Perut. Hal yang satu ini bisa diam-diam dilakukan ketika Anda berjalan menyusuri lorong atau sedang duduk selama menelepon. Cukup dengan ambil nafas dalam-dalam dan kencangkan otot perut, hirup udara sebanyak mungkin kemudian hembuskan. Tahan selama 5-10 detik dan lepaskan. Ulangi selama 12-15 kali pengulangan.
  9. Saatnya Sit-Up: Anda bisa memperoleh perut six-pack dengan melakukan sit-up duduk isometrik. Letakkan kedua siku di atas paha, coba bungkukkan dada ke arah kaki di saat yang bersamaan lengan Anda menahan gerakan. Tahan selama 10 detik, lepaskan, dan ulangi lagi 10 kali.