Tips Agar Motivasi Berolahraga Tetap Tinggi

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Sangat mudah rasanya untuk memulai olahraga yang rutin setelah Anda memutuskan bahwa inilah waktunya untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, tetapi menjaga agar tetap termotivasi merupakan tantangan berat bagi banyak orang.

Tak apa jika Anda terkadang merasa enggan untuk berolahraga, tetapi Anda perlu punya strategi untuk menghadapinya. Ada hari-hari ketika Anda sedang malas sekali untuk pergi latihan dan berolahraga.

Ketika ini terjadi, hal yang paling penting adalah untuk menerimanya, mengubah pikiran negatif menjadi pikiran positif, dan berencana untuk memulai lagi esok hari. Baca lebih lanjut tentang nasihat positif yang dapat benar-benar dapat membantu untuk melewati rintangan ini.

Catatlah aktivitas Anda

Tetap ikuti jadwal rutin Anda dengan selalu mencatat aktivitas yang Anda lakukan. Hal ini dapat membuat Anda lebih bertanggung jawab jika Anda tidak menyempatkan diri untuk berolahraga atau untuk memacu Anda berolahraga lebih banyak.

Sebuah catatan atau buku harian juga akan membantu Anda melihat pola kegiatan sehingga Anda dapat menyesuaikan rutinitas Anda untuk bekerja lebih baik untuk Anda. Dengan mencatat aktivits, Anda akan dapat mengetahui pola berikut ini:

  • Apakah ada hari tertentu dalam seminggu saat Anda merasa paling malas olahraga?
  • Apakah Anda berolahraga lebih lama ketika Anda memilih untuk berenang, bukan jogging?
  • Apakah ada kegiatan tertentu yang anda nikmati lebih dari kegiatan yang lain?

Campur rutinitas Anda

Itulah mengapa sangat penting untuk mencampur rutinitas Anda dengan kegiatan lain yang Anda nikmati. Mencampur rutinitas Anda juga membantu Anda olahraga dengan otot yang berbeda.

Misalnya Anda bosan berlatih di atas treadmill di gym selama 30 menit setiap hari. Supaya tidak bosan, Anda bisa mencoba kelas cardio seminggu sekali. Di hari lain, Anda bisa olahraga jalan cepat atau bersepeda dengan teman.

Olahraga bareng teman

Kata-kata “memiliki teman atau kelompok untuk olahraga bareng dapat menjadi motivator yang nyata” ternyata benar. Jika Anda punya kegiatan rutin yang sudah direncanakan dengan kelompok atau bahkan hanya dengan seorang teman, ini dapat membantu Anda terus terpacu untuk berolahraga. Plus, olahraga bersama teman dapat akan membuat rutinitas terasa lebih menyenangkan!

Pilih aktivitas yang Anda nikmati

Memilih aktivitas yang Anda nikmati, pas dengan jadwal Anda, dan sesuai dengan anggaran Anda juga akan membuat Anda tetap termotivasi.

Pilih beberapa kegiatan aerobik (seperti berjalan dan berenang) dan jenis lain yang membantu Anda menguatkan otot (seperti menggunakan mesin berat atau berjalan membawa beban ringan).

Pilih juga beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di luar dan beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan di dalam ruangan ketika cuaca buruk.

(Diabetes.org)