Perawatan Diri untuk Diabetes Gestasional

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Diabetes gestasional adalah tingkat gula darah tinggi yang terjadi saat kehamilan. Biasanya tidak menunjukkan gejala yang jelas dan juga tidak mengancam jiwa pada wanita hamil, namun diabetes gestasional menyebabkan ibu melahirkan bayi yang lebih besar. Ini dapat meningkatkan kemungkinan masalah pada proses persalinan. Penyakit ini juga menyebabkan peningkatan risiko tekanan darah tinggi pada kehamilan.

Bagaimana cara mengatasi diabetes gestasional?

Pola makan yang sehat dapat mengontrol gula darah sehingga Anda tak perlu menggunakan obat. Dokter, perawat, dan ahli gizi akan membuat pola makan untuk Anda. Penyedia layanan kesehatan Anda mungkin akan menganjurkan Anda untuk mencatat apa saja yang Anda makan. Jangan meminum alkohol saat hamil.

Berolahraga dapat menjaga gula darah tetap terkontrol. Berjalan merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan. Cobalah berjalan sejauh 1-2,5 km, tiga kali atau lebih per minggu. Berenang atau olahraga low impact lainnya juga baik untuk dilakukan. Tanyakan pada dokter Anda olahraga seperti apa dan seberapa sering dilakukan yang terbaik untuk Anda.

Obat-obatan dapat mengontrol diabetes gestasional. Namun, kebanyakan wanita yang mengidap diabetes gestasional tidak memerlukan obat-obatan. Apabila mengubah pola makan Anda tidak mengontrol tingkat gula darah, Anda mungkin memerlukan obat-obatan minum atau terapi insulin (injeksi)

Memeriksa gula darah Anda

Anda dapat melihat bagaimana keadaan Anda dengan memeriksa tingkat gula darah di rumah. Dokter mungkin akan meminta Anda untuk memeriksa gula darah sekali atau lebih dalam sehari.

Cara yang paling umum untuk memeriksa gula darah adalah dengan menusuk jari untuk mengambil setetes darah. Lalu tetesan darah akan ditaruh pada sebuah monitor (mesin tes). Apabila monitor memberikan Anda angka yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, Anda harus menstabilkan gula darah Anda.

Dokter akan mengawasi tingkat gula darah bersama Anda. Pastikan Anda tahu bagaimana seharusnya tingkat gula darah Anda.

Kunjungan dan tes untuk Anda dan bayi Anda

Penyedia layanan kesehatan Anda akan mengawasi Anda dan bayi Anda selama kehamilan. Ini termasuk:

  • Kunjungan ke dokter tiap minggu
  • USG yang menunjukkan ukuran bayi Anda
  • Tes non-invasif yang menunjukkan apakah bayi Anda sehat atau tidak

Yang harus dilakukan setelah melahirkan

  • Wanita dengan diabetes gestasional harus diawasi secara saksama setelah melahirkan. Mereka juga harus melanjutkan pemeriksaan pada kunjungan dokter selanjutnya untuk tanda-tanda diabetes.
  • Tingkat gula darah tinggi sering kembali normal setelah persalinan. Meski demikian, banyak wanita dengan diabetes gestasional akhirnya akan mengidap diabetes dalam 5 hingga 10 tahun setelah melahirkan. Risikonya lebih besar pada wanita obesitas.

Kapan harus menghubungi dokter

Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda untuk masalah yang terkait dengan diabetes berikut:

  • Bayi anda terlihat kurang bergerak di dalam perut
  • Pandangan kabur
  • Lebih haus dari biasanya
  • Mual dan muntah

Sumber