Menyusun Tim Kesehatan untuk Anak Penderita Diabetes

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Ketika anak Anda menderita diabetes, banyak yang perlu dipelajari oleh Anda dan anak Anda, tetapi Anda tidak harus melakukannya sendirian. Tim perawatan kesehatan diabetes anak Anda bisa membantu.

Mengobati diabetes membutuhkan banyak ahli di bidang kesehatan berbeda, seperti dokter, pendidik diabetes bersertifikat, ahli gizi, dan ahli kesehatan jiwa.

Apa yang dilakukan oleh tim kesehatan?

Tim kesehatan diabetes akan membimbing keluarga terkait diabetes. Mereka juga akan membantu keluarga membuat dan menerapkan rencana perawatan anak, yang juga disebut rencana pengendalian diabetes.

Tim kesehatan akan menyesuaikan dosis insulin dan obat diabetes lain, membuat daftar makanan sehat, dan membuat rekomendasi kegiatan fisik yang bisa membantu mengontrol kadar gula darah.

Mereka harus memperhatikan jadwal anak Anda, kemampuan, selera, gaya hidup, dan kebutuhan pertumbuhan serta perkembangan. Tim juga akan membantu mengatasi tantangan bagi orangtua dengan anak penderita penyakit kronis dan membantu anak Anda dalam mengatasi tantangannya sendiri.

Ingat bahwa Anda dan anak Anda adalah pemimpin dari tim perawatan kesehatan diabetes—semua aktivitas tim berpusat pada membantu Anda dan anak Anda dalam mengontrol diabetes. Pada banyak kasus, peranan dan tanggung jawab anggota tim saling tumpang tindih. Anda harus merasa nyaman dalam berkomunikasi dengan semua anggota tim karena Anda akan sering berhubungan dengan mereka.

Siapa saja anggota tim kesehatan ini?

Dokter

Seorang pediatris endokrinologi adalah dokter yang mengkhususkan diri dalam diagnosis dan pengobatan anak-anak dengan penyakit pada sistem endokrin, seperti diabetes dan gangguan pertumbuhan. Tapi dokter anak, dokter keluarga, dan dokter medis lainnya juga dapat mengobati anak-anak dengan diabetes dan mengatur kebutuhan perawatan kesehatan mereka.

Sangat penting untuk menyadari bahwa mengunjungi seorang spesialis seperti ahli pediatris endokrinologi tidak menggantikan kebutuhan anak Anda untuk terus mendapatkan perawatan kesehatan umum dari seorang dokter anak atau dokter perawatan primer lainnya.

Anda dan anak Anda harus merasa nyaman dengan dokter yang Anda pilih karena rencana kontrol diabetes anak Anda didasarkan pada pengobatan yang diresepkan oleh dokter. Ajukan beberapa pertanyaan dan pastikan Anda memahami jawabannya.

Dokter akan menanyakan pertanyaan rinci tentang apa yang dirasakan anak Anda dan kesiapannya melakukan pemeriksaan fisik. Mereka juga akan mengajarkan Anda dan anak Anda tentang diabetes dan, dengan rekomendasi dari semua anggota tim, membuat rencana pengelolaan diabetes.

Selain memantau anak Anda untuk komplikasi diabetes dan kondisi medis lain yang dapat terjadi dengan diabetes, dokter akan melakukan perubahan jadwal insulin dan menulis resep untuk obat-obatan dan rujukan ke spesialis lain yang diperlukan.

Pendidik diabetes bersertifikat

Pendidik diabetes bersertifikat adalah suster, ahli gizi, pekerja sosial, dokter, atau apoteker yang membantu orang-orang dalam mengontrol diabetes. Pendidik diabetes bersertifikat memberikan pelatihan khusus untuk mengajari orangtua dan anak-anak.

Pendidik diabetes bersertifikat akan:

  • Menjelaskan apa itu diabetes dan bagaimana penyakit ini mempengaruhi tubuh
  • Mengajarkan Anda dan anak Anda bagaimana memberikan suntikan insulin atau menggunakan pompa insulin
  • Menjelaskan bagaimana menangani kadar gula darah tinggi dan rendah
  • Menunjukkan cara untuk menyesuaikan obat saat olahraga dan ketika sakit
  • Menunjukkan cara untuk menguji kadar gula darah, menggunakan meteran glukosa darah, dan menguji akurasi peralatan pemantauan gula darah yang digunakan di rumah
  • Meninjau tujuan pengelolaan diabetes dengan Anda
  • Mendiskusikan tantangan yang mungkin akan Anda dan anak Anda hadapi.

Ahli gizi

Ahli gizi terdaftar adalah seorang yang ahli dalam dan perencanaan makanan dan nutrisi. Mereka tahu tentang makanan dan dampaknya pada tubuh dan tingkat gula darah. Seiring bertumbuh dan berkembangnya anak Anda, begitu banyak rencana makan yang dapat Anda bicarakan dengan ahli gizi.

Ahli gizi akan mencatat pertumbuhan anak Anda dan merekomendasikan jumlah kalori yang tepat dan dibutuhkan setiap hari. Ahli gizi juga akan:

  • Membuat penyesuaian untuk rencana makan berdasarkan olahraga, liburan, acara khusus, dan kegiatan lainnya
  • Menyediakan makanan ringan dan ide-ide resep
  • Mengajarkan Anda dan anak Anda bagaimana membuat pilihan makanan sehat
  • Membantu Anda dan anak Anda mempelajari penghitungan karbohidrat dan teknik perencanaan makanan
  • Mengajarkan Anda untuk membaca label makanan dan mengembangkan strategi untuk menentukan kandungan karbohidrat dari makanan ketika label makanan tidak tersedia

Ahli kesehatan jiwa

Seorang ahli kesehatan jiwa biasanya berupa pekerja sosial atau psikolog (tetapi terkadang psikiater atau konselor), bisa memberi banyak bantuan bagi keluarga dalam menghadapi diabetes.

Ahli kejiwaan bisa membantu orangtua mengawasi masalah di rumah, pekerjaan, atau sekolah. Mereka juga bisa melihat bagaimana diabetes mempengaruhi seluruh keluarga, dan membantu Anda menemukan cara untuk meningkatkan kontrol diabetes anak Anda.

Pekerja sosial bisa membantu Anda menemukan dukungan bagi keluarga yang menghadapi diabetes. Mereka dapat menyarankan cara-cara bagi keluarga untuk mendapatkan peralatan diabetes yang diperlukan dan membantu mereka berurusan dengan asuransi dan masalah keuangan.

Psikolog dan psikiater dapat menggunakan teknik modifikasi perilaku untuk membantu anak-anak jika mereka mengalami kesulitan mengendalikan diabetes mereka, merasa marah atau sedih, atau tidak mengambil tanggung jawab untuk perawatan diabetes. Psikiater juga dapat meresepkan obat-obatan untuk masalah emosional yang berkaitan dengan diabetes, seperti depresi.

Tergantung di mana Anda tinggal dan jenis fasilitas diabetes yang Anda kunjungi (apakah itu sebuah klinik diabetes khusus atau kantor dokter anak), Anda mungkin menemukan semua anggota tim Anda di satu tempat. Atau Anda mungkin mengunjungi beberapa kantor yang berbeda untuk perawatan diabetes. Jika Anda tidak memiliki akses kesehatan ke ahli diet atau ahli kejiwaan tetapi ingin berkonsultasi, mintalah rujukan dari dokter.

Setiap orang di tim ini penting dalam mengontrol diabetes anak Anda. Memastikan mereka semua tahu rencana perawatan diabetes anak Anda akan membuat perawatan anak Anda terarah dengan baik.

Sumber