Menjalani Hidup Sebagai Anak Kecil Penderita Diabetes

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Bila anak Anda baru-baru ini didiagnosis dengan diabetes, Anda mungkin memiliki beberapa kekhawatiran terkait bagaimana hal ini akan mempengaruhi kehidupan anak Anda. Yang dapat mengejutkan Anda adalah, anak-anak penderita diabetes bisa melakukan apa saja yang dilakukan anak-anak pada umumnya, dan hidup normal serta aktif. Mereka hanya harus lebih berhati-hati dalam merencanakan kegiatan sehari-harinya.

Bila Anda seperti kebanyakan orangtua lain yang baru diberi tahu anak Anda menderita diabetes tipe 1, wajar jika Anda saat ini merasa sedikit terkejut. Hanya sekitar 10% penyakit ini yang berasal dari riwayat keluarga dengan diabetes tipe 1. Masih banyak yang perlu dipelajari terkait penyebab, pencegahan, dan pengobatan diabetes tipe 1.

Pertama, anak-anak perlu mengetahui bahwa ini bukanlah kesalahan mereka jika mereka menderita diabetes—tidak ada hal apapun yang bisa mereka lakukan untuk mencegah hal ini. Mereka perlu tahu bahwa dengan bantuan Anda dan dokter, mereka bisa mengontrol diabetes dan hidup dengan sehat dan aktif.

Pengobatan tergantung pada usia anak Anda dan kedewasaannya. Beberapa anak bisa mempelajari cara mengukur dan menyuntikkan insulin mereka sendiri bila berada pada masa awal remaja. Tetapi, direkomendasikan bagi orangtua dan perawat untuk membagi tanggung jawab dengan anak mereka dalam hal injeksi insulin sampai masa pubertas lewat, biasanya pada pertengahan masa remaja.

Setiap anak berbeda kapasitasnya dalam menangani tuntutan diabetes, tetapi semua anak memerlukan dan pantas menerima bantuan dan dukungan orangtuanya hingga masa remaja. Sebelum Anda memberikan tanggung jawab kepada anak Anda untuk mengukur dan menyuntikkan insulin sendiri, ingatlah bahwa ini adalah masalah serius dan kompleks. Anak Anda perlu cukup dewasa untuk menangani pekerjaan ini, dan umumnya, anak-anak tidak mampu menanggung sendiri tanggung jawab untuk injeksi insulin hingga mereka masuk tahap akhir remaja.

Bagaimana dengan memeriksa gula darah mereka?

Anak-anak perlu memahami pemeriksaan rutin, terkait bisa atau tidaknya mereka melakukan pemeriksaan ini sendiri. Lebih penting lagi, mereka perlu memahami gejala reaksi gula darah rendah (juga disebut reaksi insulin) dan bagaimana mengambil langkah yang tepat. Selanjutnya, saat mereka mulai memahami semua tujuan pengobatan diabetes, mereka akan menerima peranan lebih besar dalam perawatan dirinya. Faktanya, anak-anak biasanya cepat belajar bahwa mempertahankan kesehatan yang baik adalah hal yang perlu mereka lakukan agar bisa bergabung dengan teman-teman mereka dalam kegiatan sehari-hari.

Anak-anak penderita diabetes bisa melakukan semua aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak pada umumnya. Ini adalah tugas kita untuk menyesuaikan rencana pengaturan diabetes anak Anda sesuai dengan rutinitas harian mereka.

Konsep umum yang salah adalah bahwa anak penderita diabetes tidak bisa makan apapun dengan gula, termasuk kue ulang tahun, kue kering, dan es krim. Kenyataannya adalah, anak-anak penderita diabetes bisa makan makanan ini dalam jumlah sedang; mereka hanya perlu berhati-hati dalam merencanakan makanan lain di hari itu, dan menyesuaikan dosis insulinnya. Rencana makan yang sehat untuk anak penderita diabetes sama seperti anak-anak lain tanpa diabetes.

Anak-anak bisa berolahraga dan aktif dalam kegiatan fisik seperti anak lainnya. Sekali lagi, Anda hanya perlu untuk merencanakannya. Pertama, bicarakan dengan dokter, dan kemudian pelajari rutinitas tes glukosa, rencana makan, dan insulin, yang bekerja baik untuk mereka.

Tentu saja anak-anak tidak bisa dan seharusnya tidak menangani diabetesnya sendiri. Diabetes mempengaruhi seluruh keluarga, dan penting untuk semua anggota keluarga berperan aktif dalam kehidupan anak Anda. Salah satu cara paling penting yang bisa dilakukan orangtua dengan anak penderita diabetes adalah untuk tetap terlibat dalam penanganan diabetes harian dan mencari solusi bersama dengan anak Anda.

Mungkin terlihat berat saat ini, tetapi perawatan diabetes dengan cepat akan menjadi bagian dari rutinitas harian anak Anda.

Sumber