Mengenal Pengobatan Diabetes: Long Acting Insulin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Ketika Anda makan, tubuh Anda memberi tahu pankreas untuk melepaskan hormon insulin. Insulin memindahkan gula (glukosa) dari darah dan ke dalam otot, hati, dan sel-sel lemak Anda untuk dijadikan energi atau penyimpanan. Jika Anda mengonsumsi insulin, Anda dapat mengonsumsinya pada waktu makan yang dapat membantu Anda menurunkan gula darah, tepat setelah Anda makan. Bahkan di antara waktu makan, insulin ternyata dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk membantu menjaga stabilitas gula darah. Di sinilah insulin tahan lama datang.

Jika Anda memiliki diabetes, pankreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin atau apapun, dan/atau sel-sel Anda tidak dapat menggunakannya secara efisien. Untuk mengontrol gula darah Anda, Anda perlu mengganti atau menambah fungsi otomatis pankreas Anda dengan suntikan insulin reguler.

Jenis-jenis insulin

Insulin tersedia dalam berbagai jenis. Setiap jenisnya berbeda dalam seberapa cepat insulin mulai bekerja untuk menurunkan gula darah Anda (onset), kapan dampaknya pada gula darah Anda optimal (puncak), dan berapa lama menurunkan kadar gula darah Anda (durasi):

Rapid Acting Insulin: Jenis ini mulai bekerja hanya 15 menit setelah dikonsumsi. Mencapai puncaknya dalam waktu 30-90 menit, dan efeknya berlangsung selama 3-5 jam.

Insulin Reguler atau Short Acting Insulin: Jenis ini memakan waktu sekitar 30-60 menit untuk menjadi aktif dalam aliran darah Anda. Mencapai puncaknya dalam 2-4 jam, dan efeknya bisa bertahan selama 5-8 jam.

Intermediate acting insulin: Jenis menengah ini memakan waktu 1-3 jam untuk mulai bekerja, mencapai puncaknya dalam 8 jam dan bekerja selama 12-16 jam.

Long acting insulin: Jenis ini mengambil jumlah terpanjang waktu untuk mulai bekerja. Insulin ini dapat memakan waktu sampai 4 jam untuk sampai ke dalam aliran darah Anda. Insulin jenis ini tidak akan mencapai puncak, sehingga insulin ini mengontrol gula darah secara konsisten seharian. Insulin ini mirip dengan aksi insulin biasanya yang dihasilkan pankreas untuk membantu mengontrol kadar gula darah di antara waktu makan.

Long acting insulin juga disebut basal atau insulin belakang. Insulin ini terus bekerja di belakang untuk menjaga gula darah Anda di bawah kontrol sepanjang rutinitas harian Anda.

Tersedia dua produk insulin jangka panjang yang berbeda. Mereka termasuk glargine insulin (Lantus), yang berlangsung sampai 24 jam, dan detemir insulin (Levemir), yang berlangsung selama 18-23 jam.

Bagaimana cara menggunakan long acting insulin?

Biasanya, Anda akan menyuntikkan long acting insulin 1 kali sehari untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil. Anda akan menggunakan jarum atau perangkat suntik untuk memberikan suntikan. Pastikan untuk menyuntikkan insulin ini pada waktu yang sama setiap hari untuk menghindari insulin yang tertinggal atau dosis insulin yang menumpuk (mengkonsumsi pada waktu bersamaan sehingga bekerja saling tumpang tindih).

Dokter Anda mungkin menyarankan Anda menambahkan insulin jenis lain untuk mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Apa efek samping dari long acting insulin?

Seperti halnya dengan obat-obatan yang Anda ambil, suntikan insulin dapat menyebabkan efek samping.

Salah satu efek samping yang mungkin terjadi adalah gula darah rendah (hipoglikemia). Gejala gula darah rendah termasuk pusing, menggigil, penglihatan kabur, kelemahan, sakit kepala, dan pingsan.

Efek samping yang mungkin lain dari suntikan insulin termasuk rasa sakit, kemerahan, atau bengkak pada kulit di tempat suntikan.

Apa itu ultra long lasting insulin?

Di masa depan, orang-orang yang menggunakan insulin jangka panjang mungkin tidak perlu memberikan diri mereka banyak suntikan. Sebuah insulin baru, bernama ultra tahan lama yang disebut degludec, mengontrol gula darah untuk 2 kali jumlah waktu insulin jangka panjang. Insulin ini dapat bertahan sampai 42 jam. Degludec mungkin juga mengurangi gula darah rendah (hipoglikemia).

Untuk saat ini, orang-orang dengan diabetes harus menunggu insulin ultra tahan lama mencapai pasar. FDA telah menahan untuk menyetujui degludec sampai produsen melakukan lebih banyak penelitian untuk memastikan bahwa insulin tersebut tidak menyebabkan risiko jantung.

Bagaimana cara menentukan insulin yang tepat untuk saya?

Tidak peduli jenis insulin yang Anda ambil, insulin tersebut harus bekerja dengan baik untuk mengontrol gula darah Anda.

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menemukan dosis terbaik insulin dan jenisnya, dan untuk menetapkan jadwal pemberian dosis yang efektif dan nyaman untuk Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber