Mencari Pengasuh yang Memahami Diabetes Anak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Setiap orang yang peduli dengan anak Anda – dari pengasuh hingga anggota keluarga lain – sebaiknya dilatih dasar perawatan diabetes dan yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.

Namun, menemukan pengasuh yang terpercaya bisa menjadi tantangan besar bagi orangtua dengan anak penderita diabetes. Salah satu cara terbaik untuk menemukan pengasuh berpengalaman adalah dengan bertemu keluarga lain dengan situasi yang sama dengan Anda.

Jika Anda tergabung dengan komunitas keluarga dengan anak-anak diabetes, Anda bisa bertemu keluarga lain yang senasib, dan bersama-sama Anda dapat bertukar pikiran beberapa pilihan pengasuh termasuk:

  • Saling bergantian mengawasi anak masing-masing
  • Melatih pengasuh bersama
  • Menempatkan iklan di koran atau website lokal, termasuk di universitas yang memiliki program program keperawatan
  • Merekrut pengidap diabetes lainnya untuk menjadi pengasuh

Melatih pengasuh diabetes

Sebelum meninggalkan anak Anda dalam perawatan seseorang, penting bagi pengasuh untuk mengetahui bahwa setiap penderita diabetes adalah berbeda, dan perawatannya pun berbeda-beda.

Persiapkan pengasuh anak Anda untuk mengetahui:

  • Apa yang harus dilakukan dalam situasi darurat. Deskripsikan kapan dan bagaimana glukagon diberikan. Tunjukkan pengasuh Anda di mana penyimpanan suplai untuk keadaan darurat. Pastikan pengasuh mengetahui bagaimana menghubungi Anda bila ada pertanyaan atau keadaan darurat.
  • Bagaimana dan kapan memeriksa glukosa darah dan keton. Tunjukkan bagaimana menggunakan meteran glukosa anak Anda, dan kemudian minta pengasuh untuk berlatih menyiapkan meteran dan memeriksa kadar gula darah anak Anda.
  • Kisaran target glukosa darah anak Anda. Berikan petunjuk rinci tentang apa yang harus dilakukan jika tingkat glukosa darah tinggi atau rendah.
  • Bagaimana menggunakan insulin. Tunjukkan cara menggunakannya dan biarkan pengasuh Anda berlatih menggunakannya, jika memungkinkan. Tuliskan dosis insulin anak Anda dengan jelas.
  • Tanda-tanda dan gejala hipoglikemia dan hiperglikemia pada anak Anda dan apa yang harus dilakukan jika ini terjadi.

Pentingnya camilan dan waktu makan

Siapkan makanan yang Anda tahu pasti disukai oleh anak Anda. Libatkan anak Anda dalam merencanakan makanan dan camilan untuk memastikan dia akan mau memakan makanan yang Anda siapkan.

Berikan jadwal dan menu kepada pengasuh untuk setiap makanan dan camilan, dan beri tahu berapa insulin yang dibutuhkan anak Anda untuk masing-masing makanan.

Bila anak Anda menolak makan atau menginginkan sesuatu yang lain, tinjau ulang pengganti makanan atau minta pengasuh menghubungi Anda jika ada pertanyaan. Pastikan untuk memberitahu anak Anda akan pentingnya makanan dan camilan.

Sumber