Tes untuk Dermatitis Kontak

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Dermatitis kontak adalah kondisi di mana kulit bereaksi pada alergen atau iritan dengan munculnya ruam. Biasanya tidak diperlukan tes untuk mendiagnosis kondisi ini. Dermatitis kontak dapat didiagnosis dengan pengamatan klinis dan sejarah medis dan sosial. Namun, pada kasus tertentu, tes mungkin dibutuhkan.

Patch test

Patch test dapat digunakan untuk mendiagnosis dermatitis kontak alergi dengan menentukan alergen yang menyebabkan reaksi. Biasanya diperlukan waktu 5 sampai 7 hari untuk patch test.

Dokter akan mengaplikasikan sedikit kadar alergen yang berbeda pada punggung pasien dan menutupi dengan balutan yang kedap udara, atau menggunakan aluminium yang ditempel pada punggung. Pada kedua metode, tempelan akan dilepas setelah 2 hari, kemudian dipasang dan dilepas kembali setelah 5 sampai 7 hari. Reaksi yang terjadi akan mengindikasikan alergen. Reaksi dapat meliputi ruam, benjolan, atau lepuhan. Jika reaksi hilang setelah alergen dilepas, kemungkinan hasil tes positif.

Membawa bahan yang diduga menyebabkan alergi saat Anda berkonsultasi dengan dokter dapat mempercepat proses tes ini. Tanyakan pada dokter jika Anda harus membawa sesuatu pada pertemuan dengan dokter.

Biopsi kulit

Biopsi kulit biasanya tidak dilakukan untuk mendiagnosis dermatitis kontak, namun digunakan untuk mengeliminasi kemungkinan lain yang diduga oleh dokter, seperti infeksi jamur. Kasus dermatitis kontak yang parah dan terus berulang dapat membuat dokter melakukan biopsi kulit, di mana sampel kulit akan diambil dan dites pada laboratorium.

Jika Anda memiliki luka, dokter dapat menggunakan sampel dari area kulit yang sakit. Sampel biasanya diambil dengan cara-cara berikut.

Biopsi shave

Jenis biopsi ini paling tidak invasif. Dokter akan mengambil kulit dari lapisan terluar. Tidak diperlukan jahitan.

Biopsi punch

Dokter akan mengambil sampel sebesar penghapus pensil menggunakan alat yang tajam dan berongga. Jahitan dapat diperlukan, tergantung dari ukuran sampel.

Biopsi excisional

Jenis ini paling jarang dilakukan. Dalam prosedur ini, dokter mengangkat seluruh bagian luka dengan operasi dan menutup dengan jahitan. Untuk bagian yang besar, pengangkatan kulit dapat diperlukan.

Biasanya, Anda tidak memerlukan tes untuk mendiagnosis dermatitis kontak. Dokter dapat mengidentifikasi dengan riwayat medis dan pemeriksaan pada ruam dan area sekitarnya. Tes hanya digunakan untuk memastikan tidak ada hal lain selain dermatitis kontak, atau untuk mengidentifikasi alergen. Konsultasikan dengan dokter apakah tes diperlukan dan pilihan yang paling tepat dilakukan.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.