Semua yang Perlu Anda Tahu Tentang Eksim Dyshidrotic

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Apa itu eksim dyshidrotic?

Eksim dyshidrotic, atau dyshidrosis, adalah kondisi kulit di mana terjadi pada telapak kaki dan/atau telapak tangan. Lepuhan biasanya terasa gatal dan mungkin memiliki cairan di dalamnya. Lepuhan biasanya berlangsung sekitar 3 minggu dan dapat dipengaruhi oleh alergi musiman atau stres.

Apa penyebab eksim dyshidrotic?

Penyebab eksim dyshidrotic tidak diketahui. Menurut para ahli, kondisi ini terkait dengan alergi musiman karena lepuhan lebih sering muncul pada musim semi.

Siapa yang berisiko mengalami eksim dyshidrotic?

Eksim dyshidrotic terjadi 2 kali lebih sering pada wanita dibanding pada laki-laki. Menurut dokter, Anda memiliki kesempatan lebih besar jika Anda mengalami stres atau memiliki alergi. Beberapa dokter menyimpulkan bahwa eksim dyshidrotik merupakan jenis dari reaksi alergi.

Anda lebih mungkin mengalami eksim dyshidrotic jika tangan atau kaki Anda sering dalam kondisi lembap atau basah, atau jika Anda sering terekspos garam logam, seperti kobalt, kromium dan nikel.

Apa saja gejala dari eksim dyshidrotic?

Jika Anda memiliki eksim dyshidrotic, Anda akan menyadari adanya lepuhan pada jari tangan, jari kaki, tangan, dan kaki. Lepuhan lebih umum terjadi pada bagian pinggir atau di lipatan, dan biasanya berisi cairan. Kadang lepuhan yang besar akan terbentuk dan terasa sakit. Biasanya lepuhan akan terasa gatal dan menyebabkan kulit mengelupas. Beberapa pasien melaporkan area yang terinfeksi menjadi pecah-pecah dan sakit jika disentuh.

Lepuhan dapat menetap hingga 3 minggu sebelum mengering. Saat lepuhan mengering, kulit akan menjadi pecah-pecah yang terasa sakit. Jika Anda menggaruk area tersebut, Anda juga akan merasa kulit terasa lebih tebal dan kenyal.

Bagaimana cara mendiagnosis eksim dyshidrotic?

Pada umumnya, dokter dapat mendiagnosis eksim dyshidrotic dengan memeriksa kulit Anda secara saksama. Karena gejala yang mirip dengan kondisi kulit lainnya, dokter dapat melakukan beberapa tes, seperti biopsi kulit, di mana bagian kecil dari kulit akan diambil untuk dilakukan tes. Biopsi dapat mengeliminasi kemungkinan penyebab lainnya, seperti infeksi jamur.

Jika dokter menduga terjadinya eksim dyshidrotic disebabkan oleh alergi, tes alergi kulit juga dapat dilakukan.

Bagaimana cara mengatasi eksim dyshidrotic?

Jika Anda mengalami eksim dyshidrotic yang ringan, dokter dapat meresepkan antihistamin, seperti Claritin atau Benadryl, untuk meringankan gejala. Kompres juga dapat meringankan gatal pada kulit.

Sebagai tambahan, dokter juga dapat menganjurkan penggunaan berikut sebanyak 2 kali sehari untuk meringankan rasa gatal:

  • Petroleum jelly, seperti Vaseline
  • Krim, seperti Lubriderm atau Eucerin
  • Mineral oil
  • Salep steroid atau corticosteroid

Jika Anda memiliki eksim dyshidrotic yang parah, dokter dapat menganjurkan pilihan penanganan lainnya, seperti:

  • Terapi sinar ultraviolet
  • Pil steroid
  • Persiapan coal tar seperti Denorex dan T/Gel
  • Salep penekan imun, seperti Protopic dan Elidel (jarang digunakan)

Hindari hal-hal yang membuat rasa sakit dan gatal memburuk, seperti menggaruk atau memecahkan lepuhan Anda. Mencuci tangan adalah hal yang penting dilakukan secara rutin, namun Anda harus menghindari kontak berlebihan dengan air. Hindari juga penggunaan produk yang mengiritasi kulit, seperti losion dengan pewangi ,dan pencuci piring.

Apakah setelah sembuh, eksim dyshidrotic dapat terjadi lagi?

Eksim dyshidrotic biasanya akan menghilang dalam beberapa minggu tanpa komplikasi. Jika Anda tidak menggaruk area yang terinfeksi, eksim dyshidrotic tidak akan meninggalkan bekas.

Jika Anda menggaruk eksim, Anda akan merasakan rasa tidak nyaman atau eksim yang lebih lama sembuh. Anda juga dapat mengalami infeksi bakteri dari menggaruk atau memecahkan lepuhan.

Walau eksim dyshidrotic akan sembuh total, eksim dapat kambuh kembali. Karena penyebab yang tidak diketahui, dokter masih melakukan proses pencarian cara pencegahan dan penyembuhan kondisi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber