Pengobatan Psoriasis: Fototerapi dan Pulse Dye Laser

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Mengobati psoriasis biasanya membutuhkan metode yang berbeda-beda, seperti perubahan gaya hidup, nutrisi, dan obat-obatan. Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan gejala, usia, kondisi kesehatan, dan faktor lainnya. Dokter akan mencoba beberapa metode sebelum menemukan penanganan yang tepat pada pasien, karena psoriasis tidak bisa disembuhkan, hanya bisa dicegah kekambuhannya dan dikurangi gejalanya.

Pilihan pengobatan untuk psoriasis tergantung pada faktor berikut:

  • Tingkat keparahan psoriasis
  • Sebanyak apa bagian tubuh yang terpengaruh
  • Jenis psoriasis
  • Seberapa baik respon kulit pada pengobatan awal

Banyak obat-obatan yang ditujukan untuk mengobati gejala penyakit. Obat-obatan tersebut meredakan gatal dan mengelupasnya kulit, serta mengurangi kekambuhan. Penggunaan rutin pelembap setelah mandi dapat menjaga kelembapan kulit, namun tidak menghilangkan penyebab peradangan.

Dermatolog juga merekomendasi penderita psoriasis menggunakan sabun, deterjen, dan pelembap tanpa pewangi dan pewarna untuk menghindari iritasi pada kulit.

Fototerapi

Fototerapi merupakan prosedur di mana kulit diekspos pada sinar ultraviolet (UV) alami atau buatan. Namun, fototerapi jangka panjang dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Penting untuk Anda diskusikan dengan dokter kulit sebelum Anda melakukan fototerapi. Jangan coba untuk menangani sendiri dengan tanning bed atau berjemur.

Sinar matahari

Sumber alami sinar UV adalah matahari. Matahari memproduksi sinar UVA. Sinar UV mengurangi produksi sel T dan membunuh sel T aktif, yang memperlambat respon pembengkakan dan pergantian sel kulit. Paparan singkat terhadap cahaya matahari dapat memperbaiki psoriasis. Namun, paparan sinar matahari yang intens atau jangka panjang dapat memperburuk gejala dan merusak kulit, serta meningkatkan risiko kanker kulit.

Fototerapi UVB

Terapi buatan dengan sinar UVB dapat dilakukan pada kasus psoriasis yang ringan. Box pemancar sinar UVB digunakan pada jenis perawatan ini, area tubuh yang lebih kecil dapat diekspos tanpa perlu mengekspos pada seluruh tubuh. Efek samping meliputi kulit yang gatal dan kering, serta kemerahan pada area yang dilakukan perawatan.

Terapi Goeckerman

Mengkombinasikan perawatan UVB dengan tar batubara dapat membuat kedua terapi lebih efektif dari satu jenis terapi saja. Tar batubara membuat kulit lebih reseptif pada sinar UVB. Terapi ini digunakan pada kasus tahap ringan sampai sedang.

Excimer Laser

Kemajuan yang menggembirakan dalam perawatan psoriasis tahap ringan dan sedang adalah terapi laser. Laser dapat menargetkan konsentrasi sinar UVB pada bagian psoriasis tanpa mempengaruhi bagian sekitarnya. Laser ini berguna untuk mengobati bagian yang kecil karena laser tidak dapat mencakup area yang besar.

Fotokemoterapi, Psoralen Plus Ultraviolet A (PUVA)

Psoralen adalah pengobatan light-sensitizing yang dapat dikombinasikan dengan terapi sinar UVA sebagai pengobatan untuk psoriasis. Pasien menggunakan obat atau mengoleskan krim pada kulit dan kemudian masuk ke dalam box sinar UVA. Pengobatan ini lebih agresif dan hanya digunakan pada pasien dengan psoriasis tahap sedang sampai lanjut.

Pulsed Dye Laser

Dokter dapat merekomendasikan pulsed dye laser jika perawatan lainnya tidak berhasil. Dye laser adalah laser yang menggunakan pewarna organik yang dicampur dengan pelarut. Proses ini menghancurkan pembuluh darah kecil pada area sekitar psoriasis, menghentikan aliran darah, dan mengurangi pertumbuhan sel pada area tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber