Berbagai Penyebab Eksim

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Penyebab eksim tidak diketahui pasti, namun sistem imun yang overaktif kemungkinan memiliki peran tertentu. Sistem imun yang overaktif merespon kehadiran iritan yang biasanya tidak dianggap. Eksim juga disebabkan oleh respon yang tidak normal pada protein pada tubuh.

Pada kondisi normal, sistem imun mengabaikan protein pada tubuh manusia dan hanya menyerang protein dari penyerang seperti bakteri dan virus. Pada kasus eksim, sistem imun kehilangan kemampuan untuk membedakan zat yang alami dan asing. Sebagai hasilnya, terjadilah peradangan.

Apa yang membuat seseorang berisiko mengidap eksim?

Beberapa faktor dapat meningkatkan kemungkinan Anda atau anak Anda mengalami eksim. Faktor risiko yang paling umum adalah asma dan sejarah keluarga.

Eksim lebih sering terjadi pada anak-anak yang memiliki asma atau hay fever. Eksim juga umum terjadi pada orang dewasa yang memiliki kondisi ini sebelum berusia 30 tahun.

Orang dengan anggota keluarga yang memiliki eksim, biasanya memiliki peningkatan risiko terhadap penyakit. Jika anggota keluarga memiliki asma, Anda dalam risiko mengalami eksim.

Apa saja pemicu eksim?

Eksim ditandai dengan gatal-gatal saat salah satu atau beberapa gejala muncul pada kulit. Gatal-gatal ini disebabkan oleh beberapa faktor, tergantung dari jenis eksim. Sebagai contoh, gatal-gatal yang terkait dermatitis kontak dapat disebabkan oleh pewangi, dan jenis eksim lain dipicu oleh cuaca. Pemicu gatal-gatal dapat berbeda dari satu orang dan orang lainnya.

Bahan kimia rumah tangga

Banyak zat kimia pada produk rumah tangga, seperti pada pembersih dan sabun, dapat mengeringkan kulit dan memicu gejala eksim. Produk yang mengandung parfum dapat berisiko bagi orang yang menderita dermatitis kontak alergi. Jenis eksim ini adalah salah satu reaksi alergi.

Berkeringat atau kepanasan

Peningkatan suhu tubuh dan keringat biasanya adalah pemicu umum dari eksim. Kondisi yang kering dan sejuk paling baik untuk penderita eksim. Kondisi yang hangat dan lembap dapat menjadi sarang infeksi karena bakteri hidup di suhu yang lebih tinggi.

Perubahan suhu secara tiba-tiba

Perpindahan dari gedung yang dingin ke luar ruangan yang panas dapat menyebabkan berkeringat dan kepanasan, sehingga muncul gejala eksim. Penurunan kelembapan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan kulit kering. Namun, jenis eksim lainnya yaitu dermatitis numular, hanya ditemukan pada musim dingin.

Kain tertentu

Jenis kain sintetis tertentu, atau bahan yang kasar dan membuat gatal, seperti wol, dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan eksim.

Pemicu eksim lainnya

Penyebab memburuknya eksim pada satu orang mungkin tidak sama dengan orang lain. Pemicu lainnya dapat meliputi:

  • Stress
  • Alergi makanan
  • Bulu hewan
  • Infeksi pernapasan atas

Penanganan yang tepat untuk kondisi eksim Anda sangat tergantung pada penyebab. Perhatikan kapan gejala muncul dan catat kondisinya. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi peradangan dan berpotensi untuk menghentikan munculnya eksim.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber