Berbagai Komplikasi yang Mungkin Muncul Akibat Eksim

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Pada kasus tertentu, eksim dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya selain gejala yang muncul pada kulit. Infeksi kulit akibat menggaruk secara konstan adalah komplikasi yang paling umum terjadi akibat eksim. Dengan mengetahui kemungkinan komplikasi sejak dini, Anda dapat mengurangi kemungkinan masalah tersebut. Dokter Anda juga dapat memberi saran untuk mencegah dan mengatasi komplikasi tersebut.

Komplikasi medis

Infeksi

  • Infeksi bakteri: Risiko kesehatan yang terkait dengan dermatitis atopik adalah skin colonization atau infeksi bakteri seperti Staphylococcus aureus. 60% – 90% orang dengan dermatitis atopik cenderung memiliki bakteri tersebut pada kulit. Bakteri dapat menyebabkan infeksi, yang memperburuk dermatitis atopik.
  • Infeksi virus: Orang dengan dermatitis atopik rentan terhadap beberapa infeksi virus pada kulit. Sebagai contoh, virus herpes simplex dapat menyebabkan kondisi kulit dermatitis atopik dengan eksim herpeticum. Orang dengan dermatitis atopik juga dilarang menerima vaksin cacar, karena berisiko terkena infeksi eksim vaccinatum. Infeksi ini disebabkan oleh virus vaccinia pada vaksin cacar yang bereproduksi dan menyebar ke seluruh tubuh. Selain itu, orang yang dekat dengan penderita dermatitis atopik dilarang menerima vaksin cacar, dikarenakan risiko berpindahnya virus vaksin pada penderita dermatitis atopik.

Waspadalah dengan gejala infeksi. Segera kunjungi dokter jika Anda menduga kulit Anda terinfeksi. Gejala dari infeksi meliputi:

  • Kemerahan
  • Benjolan dengan nanah
  • Luka di mulut
  • Gatal-gatal di sekitar mulut

Gagal mengobati infeksi dapat menyebabkan komplikasi yang lebih serius, seperti penyakit parah atau kemungkinan rawat inap.

Neurodermatitis

Neurodermatitis adalah kondisi kulit akibat terlalu sering digaruk. Hal ini dapat menyebabkan kulit menebal, merah, dan berwarna lebih gelap dari kulit sekitarnya. Walaupun tidak berbahaya, neurodermatitis dapat menyebabkan perubahan warna permanen dan penebalan kulit walau eksim sudah tidak aktif.

Bekas luka

Menggaruk kulit secara konstan dapat menyebabkan bekas luka. Satu-satunya cara untuk mencegah bekas luka adalah dengan tidak menggaruk kulit. Bekas luka baru muncul saat kulit sembuh dari eksim. Bekas luka dapat membuat permukaan kulit lebih timbul atau bekas luka permanen pada bagian yang teriritasi.

Komplikasi gaya hidup

Kepercayaan diri

Banyak orang dewasa dan anak-anak dengan eksim merasa malu terhadap kondisi kulitnya. Ruam dan kulit yang kasar dapat mengganggu kepercayaan diri. Penanganan yang tepat serta mengurangi stress dapat meringankan kondisi ini.

Rasa tidak nyaman dalam berolahraga

Eksim dapat mempersulit aktivitas berolahraga, karena keringat dapat menyebabkan kulit gatal. Karenanya, beberapa orang menghindari aktivitas fisik akibat kondisi kulit ini. Namun Anda dapat berpartisipasi pada olahraga dalam ruangan ber-AC untuk menghindari berkeringat. Anda juga dapat menghindari aktivitas fisik yang intens. Banyak komplikasi eksim dapat dihindari dengan pengobatan dan pencegahan. Dengan mencegah kambuh, Anda dapat mengurangi kesempatan infeksi dan mengurangi potensi terganggunya rasa percaya diri Anda.

Bullying

Anak-anak dalam usia sekolah mungkin mengalami ledekan dari teman-teman seusianya karena eksim atopik yang mereka miliki. Bentuk dari bullying dapat menjadi traumatis bagi anak-anak. Anak Anda mungkin menjadi lebih diam dan tertekan. Jelaskan situasi pada guru anak Anda dan buat anak Anda nyaman untuk membicarakan perasaan mereka.

Kesulitan tidur

Masalah kesulitan tidur umum terjadi pada orang dengan eksim. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi mood dan perilaku, serta membuat sulit berkonsentrasi pada pelajaran sekolah atau pekerjaan. Jika anak Anda memiliki kesulitan tidur akibat eksim, anak Anda dapat ketinggalan pelajaran. Anda dapat memberi tahu guru anak Anda tentang kondisi anak, sehingga guru dapat membantunya. Pada kondisi eksim yang serius, anak Anda mungkin membutuhkan waktu izin dari sekolah. Hal ini juga dapat mempengaruhi performa dalam studi anak-anak.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber