Berbagai Fakta Penting Seputar Anemia

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Anemia adalah suatu kondisi di mana darah Anda memiliki jumlah sel darah merah.yang lebih rendah

Anemia juga bisa terjadi jika sel-sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. Hemoglobin adalah protein kaya zat besi yang memberikan warna merah pada darah. Protein ini membantu sel-sel darah merah membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Jika Anda memiliki anemia, tubuh Anda tidak mendapatkan darah yang kaya oksigen. Akibatnya, Anda mungkin merasa lelah atau lemah. Anda juga mungkin memiliki gejala lain, seperti sesak napas, pusing, atau sakit kepala.

Anemia berat atau menerus dapat merusak jantung Anda, otak, dan organ lain dalam tubuh Anda. Anemia sangat berat bahkan dapat menyebabkan kematian.

Pengenalan pada darah

Darah terdiri dari banyak bagian, termasuk sel-sel darah merah, sel darah putih, trombosit (platelet), dan plasma (bagian cairan dari darah).

Sel-sel darah merah berbentuk seperti cakram dan terlihat seperti donat tanpa lubang di tengah. Mereka membawa oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida (produk sisa) dari tubuh Anda. Sel-sel ini dibuat di jaringan sumsum tulang seperti spons dalam tulang.

Sel darah putih dan trombosit (platelet) juga dibuat di sumsum tulang. Sel darah putih membantu melawan infeksi. Trombosit tetap bersama-sama untuk menutup luka kecil atau terletak di dinding pembuluh darah dan menghentikan pendarahan. Dengan beberapa jenis anemia, Anda mungkin memiliki jumlah yang rendah dari ketiga jenis sel darah.

Anemia memiliki tiga penyebab utama: kehilangan darah, kekurangan produksi sel darah merah, atau tingginya tingkat kerusakan sel darah merah. Penyebab ini mungkin hasil dari penyakit, kondisi, atau faktor lainnya.

Dapatkah anemia diobati?

Banyak jenis anemia dapat ringan, terjadi dalam jangka pendek, dan mudah diobati. Anda bahkan dapat mencegah beberapa jenis anemia dengan diet sehat. Jenis lainnya dapat diobati dengan suplemen makanan.

Namun, beberapa jenis anemia bisa sangat berat, menerus, dan bahkan mengancam kehidupan jika tidak didiagnosis dan diobati. Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala anemia, periksakanlah ke dokter. Pengobatan akan tergantung pada penyebab anemia dan seberapa parah anemia yang terjadi.

Berbagai fakta seputar anemia

  • Secara global, anemia diperkirakan terjadi pada 1,62 miliar orang, nilai ini menyumbang 24,8% dari populasi dunia.
  • Anak-anak pra-sekolah adalah yang paling banyak memiliki risiko kondisi ini, dengan perkiraan 47% menderita penyakit ini.
  • Saat ini ada lebih dari 400 jenis anemia yang telah diidentifikasi.
  • Anemia akibat defisiensi besi adalah jenis yang paling umum dari gangguan darah di seluruh dunia.
  • Makanan kaya zat besi untuk memerangi anemia termasuk daging, ikan, kerang dan tiram.
  • Anemia tidak terbatas pada manusia dan dapat mempengaruhi kucing dan anjing.
  • Di negara-negara berkembang, setiap wanita hamil kedua dan sekitar 40% dari anak-anak prasekolah diperkirakan mengalami anemia.
  • Seseorang dapat memiliki bentuk ringan dari anemia dan, oleh karena itu, menunjukkan sedikit atau tidak ada gejala.
  • Kelelahan adalah gejala yang paling umum dari anemia, terlepas dari jenis anemianya.

Sumber