10 Tips Memilih Minuman Sehat

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Apa yang Anda minum sama pentingnya dengan apa yang Anda makan. Banyak minuman mengandung tambahan gula dan terdapat sedikit nutrisi. Ada juga yang mengandung cukup nutrisi tetapi terdapat terlalu banyak lemak dan kalori di dalamnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih minuman yang sehat.

Air mineral

Minumlah air mineral sebagai pengganti dari minuman bersoda ketika Anda haus. Soda, minuman energi, dan minuman berasa lainnya biasanya mengandung tambahan gula, dan terdapat lebih banyak kalori di dalamnya. Untuk menjaga berat badan ideal, minum air mineral atau minuman lainnya yang mengandung sedikit kalori.

Berapa banyak cairan yang dibutuhkan oleh tubuh?

Biarkan rasa haus Anda menjadi petunjuk. Cairan merupakan nutrisi penting bagi tubuh, tetapi kebutuhan setiap orang berbeda. Kebanyakan orang mendapatkan cukup cairan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Tubuh yang sehat bisa menyeimbangkan kebutuhan cairan sepanjang hari. Minum cukup air bila Anda aktif bergerak, jika Anda tinggal atau bekerja pada cuaca panas, atau bila Anda sudah lanjut usia.

Pilihan hemat

Air biasanya ramah dengan kantong dompet. Anda bisa berhemat dengan meminum air putih saja ketika makan di luar, atau selalu membawa air putih sendiri dalam botol minuman.

Atur kalori Anda

Minumlah air mineral pada waktu makan Anda. Orang dewasa dan anak-anak membutuhkan 400 kalori per hari, termasuk yang didapat dari minuman.

Minuman ramah bagi Anak

Buatlah air mineral, susu rendah lemak atau bebas lemak, atau jus buah alami (buatan sendiri) menjadi pilihan utama minuman di rumah Anda. Siapkan botol berisi air mineral dan minuman sehat agar selalu tersedia di kulkas. Simpan botol minum dalam kotak makan siang atau tas ransel agar mudah diakses saat anak-anak tidak berada di rumah. Tergantung pada usianya, anak-anak bisa meminum ½ sampai 1 cangkir, dan orang dewasa bisa minum hingga 1 cangkir jus 100% buah atau sayur per hari.

Jangan lupakan susu Anda

Ketika Anda memilih susu atau mencari pengganti susu, pilihlah yang rendah atau bebas lemak, atau susu kedelai. Setiap jenis susu menawarkan nutrisi yang sejenis, seperti kalsium, vitamin D, dan kalium, tetapi jumlah kalorinya akan berbeda. Anak-anak yang lebih tua, remaja, dan orang dewasa membutuhkan 3 cangkir susu per hari, sedangkan anak-anak usia 4 sampai 8 tahun membutuhkan 2,5 cangkir, dan anak-anak usia 2 sampai 3 tahun membutuhkan 2 cangkir.

Nikmati minuman Anda

Ketika air mineral tidak cukup, nikmati minuman pilihan Anda, tetapi jangan terlalu banyak. Ingatlah untuk memperhatikan takaran penyajian dan jumlah kalori yang tertulis pada kaleng, botol, atau kemasan agar tetap dalam jangkauan kalori yang dibutuhkan. Pilih kaleng, cangkir, atau gelas ukuran kecil dibandingkan dengan ukuran yang lebih besar.

Bawa botol air ke mana pun Anda pergi

Air mineral selalu menjadi pilihan aman. Isilah botol yang bersih, dan dapat digunakan ulang dengan air mineral dan simpan di dalam tas Anda untuk membantu menghilangkan rasa haus Anda sepanjang hari. Pilihlah botol yang bisa digunakan ulang agar ramah lingkungan.

Cari tahu kandungan nutrisinya

Periksa daftar nutrisi pada kemasan saat memilih minuman di toko. Daftar tersebut mengandung jumlah gula, lemak, dan kalori untuk membantu Anda memilih yang terbaik.

Buat perbandingan dari minuman yang Anda minum

Beberapa website bisa membantu Anda membandingkan kalori, tambahan gula, dan lemak dalam minuman kesukaan Anda, sehingga Anda tahu mana yang bisa diminum agak lebih sering, dan mana yang sebaiknya dihindari saja.