Tips Menghadiri Pesta Jika Anda Sedang Hamil

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Anda mungkin sulit untuk menjaga pola makan sehat saat sedang berada di pesta. Namun demikian, ingat tips-tips berikut:

Jangan berangkat dalam keadaan lapar

Memakan makanan ringan sehat sebelum Anda pergi dapat membantu Anda mengurangi makanan Anda. Jangan keluar rumah dalam keadaan lapar karena nanti Anda cenderung akan makan terlalu banyak.

Berpesta dengan hati-hati

Anda akan baik-baik saja apabila Anda memperhatikan apa yang Anda makan. Jadilah orang yang selektif:

Jauhi bar

Sudah jelas bahwa Anda tak bisa menyentuh alkohol di pesta jika Anda sedang hamil. Tapi jangan khawatir, Anda masih dapat memesan sparkling water, es teh manis dengan berbagai rasa, minuman ringan, bahkan mocktail.

Camilan

Makan potongan keju, seafood matang, bakso, jamur isi, chicken wings atau sate, dan makanan ringan lain yang relatif sehat. Lewatkan makanan yang sangat berminyak atau dibuat dari bahan yang tidak aman seperti tiram dan ikan asap. Jika ada buah-buahan, ambillah. Oleskan keju pada biskuit gandum dan roti, atau jika tak mau makan karbohidrat Anda dapat mengoleskannya pada sayuran mentah. (Ingat untuk menghindari keju lembut, kecuali Anda yakin keju tersebut sudah dipasteurisasi atau dimasak hingga berbuih)

Di prasmanan

Pilihlah makanan sehat. Tumpuk salad dan sayuran pada piring Anda apabila ada, sisakan tempat yang lebih sedikit untuk makanan yang tidak terlalu bergizi. Lewatkan daging dan ikan yang diasap (smoked).

Pada makan malam

Isi perut Anda dengan salad atau sup. Apabila menu makan malam sudah ditentukan dan Anda tidak dapat memilih, sisihkan makanan yang kurang sehat, lalu makan sisanya. Apabila Anda dapat memilih, mintalah porsi kecil dari makanan-makanan yang kurang nutrisinya.

Pada waktu makanan penutup

Apabila makanan penutup disediakan dengan cara prasmanan. Anda memiliki fleksibilitas lebih. Apabila makanan penutup sudah diporsikan dan tidak ada buah yang terlihat—makan sedikit saja.

Isi tas Anda

Sulit untuk menikmati pesta apabila Anda pusing karena lapar. Jadi pada waktu-waktu tertentu itu, Anda dapat merasa lega karena membawa makanan ringan di dalam tas yang dapat dimakan diam-diam.

Datang membawa makanan

Meskipun Anda bukan diundang ke acara arisan atau kumpul keluarga, Anda mungkin tetap bisa menawarkan untuk membawa makanan yang bisa Anda makan apabila menu lain kurang cocok untuk wanita hamil. Selain lebih sehat dan sesuai selera pribadi, Anda juga akan dianggap dermawan.