Benarkah Suplemen Herbal Bisa Membantu Anda Hamil?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:

Anda seharusnya tidak mengonsumsi suplemen herbal saat berusaha hamil – kecuali dengan resep herbalis yang bisa dipercaya. Selain itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu, karena cara kerja obat herbal sama dengan obat medis biasa.

Jika Anda mengalami masalah atau kesulitan saat berusaha hamil dan berkeinginan untuk mencoba suplemen herbal, informasikan kepada herbalis tentang riwayat kesehatan Anda. Karena tidak semua produk herbal aman digunakan dalam beberapa kondisi.

Berkaitan dengan kesuburan, beberapa studi memperlihatkan bahwa beberapa tumbuhan mempunyai efek bagus terhadap kesuburan– namun penelitian tersebut hanya penelitian kecil. Belum ada penelitian besar dan valid yang membuktikan hubungan herbal dengan kesuburan.

Beberapa studi kecil yang telah disebutkan tadi menyarankan Agnus chastus atau chasteberry untuk menyeimbangkan hormon reproduksi dan menormalkan siklus menstruasi. Beberapa herbalis percaya bahwa cohosh hitam (tumbuhan dari Actaea dengan buah beri tajam dan mengandung racun) mampu menstimulasi ovarium memproduksi sel telur.

Hanya ada sedikit bukti yang mengatakan kalau beberapa tanaman tradisional China mampu memperbaiki kesuburan, ketika dikonsumsi bersamaan dengan obat kesuburan lain seperti clomiphene (Clomid). Akan tetapi, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa tanaman tradisional China mampu bekerja sendiri tanpa dukungan obat medis.

Katakan pada herbalis Anda nanti bahwa Anda sedang berada dalam pengobatan konvensional karena obat herbal dan konvensional mampu bekerja secara bersamaan.