5 Tips Mudah Turunkan Kolesterol Buat Orang Kantoran

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Kebiasaan di kantor yang kurang sehat bisa membuat kadar kolesterol melonjak naik. Kadar kolesterol tinggi merupakan kondisi serius karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untungnya, kolesterol yang naik bisa Anda turunkan kadarnya kembali stabil. Namun, bagaimana caranya? Simak, tips menurunkan kadar kolesterol untuk orang kantoran berikut ini.

Tips menurunkan kolesterol untuk orang kantoran

Penyakit jantung masuk dalam deretan penyakit yang dapat menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Risikonya akan sangat besar terjadi pada orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Ini terjadi karena kolesterol yang terlalu banyak dalam darah akan terjebak di dinding pembuluh arteri.

Seiring waktu, kolesterol akan menumpuk menjadi plak dan mempersempit ruang pembuluh darah. Akibatnya, darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otot jantung jadi tersumbat. Setelahnya, aterosklerosis maupun serangan jantung dapat terjadi.

Untuk mencegah berkembangnya penyakit ini, pekerja kantor perlu mengendalikan kadar kolesterol tetap normal. Kuncinya dengan mengubah kebiasaan di kantor jadi lebih sehat. Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa tips menurunkan kadar kolesterol untuk orang kantoran berikut ini.

1. Berhenti merokok dan hindari asap rokok

bahaya perokok pasif

Merokok bukan hanya musuh bagi paru-paru Anda, tapi bagi semua jaringan tubuh, termasuk kolesterol. Karbon monoksida, nikotin, zat kimia lainnya yang terkandung pada rokok bisa meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak darah). Keduanya dapat membentuk plak berlilin di arteri.

Nah, untuk menurunkan kembali kadar kolesterol jahat yang naik akibat merokok, pekerja kantor harus menghentikan kebiasaan merokok. Sebuah studi menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat meningkatkan konsentrasi HDL-C, yaitu kolesterol baik yang melawan LDL.

Peningkatan kolesterol baik tersebut terjadi dalam waktu cepat, yaitu kurang dari 3 minggu. Ini menunjukkan bahwa berhenti merokok merupakan langkah efektif bagi pekerja kantoran untuk menurunkan kolesterol yang tinggi.

Selain berhenti merokok, pekerja kantor juga perlu menjauhi asap rokok. Jika ada rekan Anda yang sedang merokok, sebaiknya pergi dari tempat tersebut dengan sopan. Ini supaya Anda tidak ikut menghirup asap rokok dan menjadi perokok pasif.

2. Naik tangga, kurangi naik lift

manfaat naik tangga

Aktif bergerak ternyata menyehatkan tubuh. Salah satunya dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi pada orang kantoran. Pekerja kantoran cenderung menghabiskan waktu untuk duduk di depan laptop. Kurang aktifnya tubuh untuk bergerak ini bisa menyebabkan kadar kolesterol naik.

Jika Anda mager alias malas bergerak, berat badan sangat mudah naik. Bila berat badan sudah berlebihan, kadar LDL dan trigliserida akan meningkat. Itulah sebabnya pekerja kantor harus tetap aktif meski menghabiskan waktu duduk di kursi. Ini bisa dilakukan dengan perbanyak berjalan kaki atau memilih naik tangga ketimbang naik eskalator atau lift.

3. Kurangi jajan junk food

cara mengurangi makan gorengan

Bekerja di kantor seharian pasti membuat Anda lapar atau ingin mengunyah. Ini mendorong Anda untuk memesan junk food yang praktis, cepat, dan tentunya dapat mengenyangkan perut. Namun, makanan ini menjadi pantangan bagi orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Junk food cenderung tinggi gula, garam, dan lemak jenuh. Jika dikonsumsi sembarangan, berat badan Anda bisa naik tanpa kendali. Akibatnya, kenaikan berat badan ini juga memicu kadar kolesterol jahat melonjak naik.

Untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi ini, pekerja kantoran harus mengurangi makan junk food. Sebagai gantinya, siapkan selalu camilan sehat yang bisa mengenyangkan perut. Misalnya pisang, apel, atau yogurt.

4. Sempatkan olahraga ringan di sela pekerjaan

olahraga di kantor

Selain mencoba lebih aktif di kantor dengan naik tangga, olahraga juga bisa dijadikan pilihan. Olahraga membantu mengendalikan berat badan sekaligus menurunkan kadar kolesterol bagi pekerja kantoran.

Meskipun sibuk, olahraga ringan bisa dilakukan di sela-sela jam kantor. Anda bisa mencoba gerakan peregangan, seperti:

  • Angkat bahu naik turun setinggi telinga. Posisikan tubuh berdiri tegak, lalu angkat bahu mendekati telinga Anda. Tahan selama 5 detik dan lemaskan tubuh. Lakukan secara berulang sebanyak 15 kali.
  • Lakukan squat. Awali dengan berdiri tegak, kemudian luruskan tangan ke depan. Secara perlahan, tekuk lutut Anda dan bentuk posisi duduk tanpa kursi. Tahan selama 15 detik, lalu bangkit dan berdiri tegak kembali. Ulangi gerakan ini sebanyak 4 hingga 6 kali.

5. Konsumsi minuman mengandung susu yang diperkaya inulin dan beta-glukan

minum susu setelah minum obat

Menurunkan kadar kolesterol pada orang kantoran juga bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan serat. Contohnya serat beta-glukan dan inulin.

Menurut studi, serat beta-glukan dapat berinteraksi dengan lemak darah sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Begitu juga dengan kandungan prebiotik pada inulin dapat mengurangi kadar serum dari LDL dalam tubuh.

Anda bisa mendapatkan manfaat baik ini dari minuman mengandung susu yang telah diperkaya beta-glukan dan inulin. Akan tetapi, untuk menurunkan kadar kolesterol, Anda tetap disarankan untuk menjaga pola makan sehat, rutin berolahraga, cukup istirahat, dan rajin memeriksakan kadar kolesterol.

Baca Juga:

Direview tanggal: Juli 10, 2019 | Terakhir Diedit: Juli 10, 2019

Sumber