Sengatan Ubur-ubur

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh:
  1. Definisi

Apa itu sengatan ubur-ubur?

Ubur-ubur memiliki tentakel yang panjang dan berduri (bagian yang berduri dinamakan nematosis). Fragmen tentakel yang terdampar di pantai setelah badai masih bisa menyebabkan sengatan tajam

Apa saja tanda dan gejalanya?

Sengatan makhluk ini menghasilkan garis kemerahan dan sensasi nyeri terbakar. Kadang-kadang mereka menyebabkan gejala lemah, pusing, mual, dan sakit kepala. Anemon laut (jelatang laut) menyebabkan reaksi lokal yang sama selama 24 sampai 48 jam.

  1. Cara mengatasinya

Apa yang harus saya lakukan?

Kikis setiap tentakel yang menyengat kulit dengan tepi kartu atau pisau. Jangan menggosok daerah tersebut karena dapat memicu nematosis. Hati-hati untuk melindungi tangan Anda, karena sengatan bahkan dapat menembus sarung tangan. Bilas luka dengan air laut.

Netralisir racun dengan menempel kain yang dibahasi cuka terus menerus selama 30 menit. Oleskan krim hidrokortison 1 persen (tidak memerlukan resep) 4 kali sehari selama beberapa hari untuk mengurangi gatal.

Kapan saya harus ke dokter?

Segera ke dokter jika Anda atau anak Anda disengat ubur-ubur.

  1. Pencegahan

Amati tanda-tanda peringatan di pantai. Tanda-tanda peringatan akan sering kali dipasang setelah penampakan sekelompok ubur-ubur terlihat dekat garis pantai. Jika Anda disengat makhluk laut, Anda biasanya akan perlu segera pertolongan pertama atau, pada kasus yang berat, menghubungi ambulans.

Jangan menyentuh atau bermain-main dengan makhluk laut yang bisa menyengat. Hindari menyentuh ubur-ubur yang terdampar di pantai karena tentakel mereka dapat menyengat bahkan ketika mereka sudah mati.

Kenakan pakaian pelindung seperti wetsuit atau sepatu tahan air . Ikan weever, ikan pari, dan landak laut sering ditemukan di perairan dangkal, sehingga mengenakan sepatu bersol karet atau sandal akan membantu melindungi kaki Anda saat di air dangkal atau daerah berbatu. Mengenakan wetsuit akan membantu melindungi diri terhadap sengatan ubur-ubur jika Anda berenang di air yang lebih dalam untuk waktu yang lama.

Goyangkan kaki menjelang setiap langkah, saat Anda berjalan di air dangkal. Ini akan membantu mengganggu dan menakut-nakuti setiap makhluk laut menyengat yang mungkin Anda temui di tengah perjalanan Anda, membuat mereka menyingkir.

Berhati-hati saat berjalan di daerah berbatu atau dekat rumput laut – landak laut sering ditemukan di daerah dangkal berbatu seperti kolam batu.

Sumber